Para Pesohor Ini Bicara Krisis Palestina

Reporter : Agung
Jumat, 1 Agustus 2014 10:00
Para Pesohor Ini Bicara Krisis Palestina
Militer Israel kembali menebar ketakutan di tanah Palestina. Sejumlah pesohor bersikap tegas menyatakan solidaritas untuk Palestina, tetapi yang lain ragu.

Dream - Selebriti dunia jarang berani bersikap mengambil posisi di dunia politik dan konflik internasional. Namun, sikap politik beberapa pesohor pada konflik Israel-Palestina menarik perhatian publik. Mereka ini terdiri dari olahragawan, ilmuwan, musisi, komedian, dan bintang film. 

Sebut saja diantaranya Cristiano Ronaldo, Emma Thompson, dan Stephen Hawking yang menunjukkan ketegasan sikapnya. Sementara Rihanna dan Dwight Howard masih ragu-ragu. 

 

1 dari 9 halaman

Christiano Ronaldo (Pesepakbola)

Dream - Pemain sepakbola Portugal dan superstar Real Madrid ini dengan tegas menunjukkan dukungannya untuk Palestina. Dia mengutuk Israel pada beberapa kesempatan.

Pada 2012, segudang sumber berita melaporkan sumbangan 1,5 juta euro Ronaldo kepada anak-anak Gaza.

Disebutkan bahwa Ronaldo menyumbangkan Sepatu Emas yang diterimanya pada 2011 kepada Real Madrid Foundation. Sepatu berharga itu dijual dalam lelang seharga 1,5 juta euro. Uang itulah yang diduga disumbangkan kepada anak-anak Gaza.

Ronaldo juga menolak bertukar jersey dengan pemain Israel pada akhir pertandingan antara Israel dan Portugal, pada Oktober 2013.

" Saya tidak menukar jersey dengan pembunuh," kata Ronaldo seperti dikutip berbagai sumber berita online. 

Ada juga gambar viral yang memperlihatkan Ronaldo mengenakan pakaian pro-Palestina dengan pesan-pesan mendukung Palestina.

2 dari 9 halaman

Lupe Fiasco (Rapper)

Dream - Bintang hip-hop Amerika Lupe Fiasco ini punya nama asli Wasalu Muhammad Jaco. Dia sering menunjukkan dukungannya kepada Palestina dan mengutuk kebijakan Israel. Beberapa lagu rap nya juga berisi pernyataan pro-Palestina yang jelas sehingga memicu kontroversi di Amerika.

Menurut The Guardian, Lupe Fiasco tidak memilih Barack Obama karena sikap presiden dari Partai Demokrat itu yang 'pro-Israel' terhadap konflik Israel-Palestina.

Dalam salah satu lagu yang sangat populer berjudul 'Words I Never Said,' Fiasco menyindir Obama dan konflik Israel-Palestina dengan jelas yang artinya:

'Jalur Gaza telah dibom, dan Obama tidak mengatakan apa pun

Itu sebabnya aku tidak memilihnya, juga di pemilihan berikutnya

Aku bagian dari masalah, masalahku adalah karena aku cinta damai

Dan aku percaya pada Palestina.'

Selanjutnya, Lupe Fiasco juga muncul dalam konsernya sambil membawa bendera Palestina.

3 dari 9 halaman

Stephen Hawking (Ilmuwan)

Dream - Stephen Hawking merupakan fisikawan paling berpengaruh dan revolusioner di dunia. Hawking menunjukkan dukungannya untuk Palestina dan mengutuk Israel pada berbagai kesempatan.

Cara menunjukkan protes atas kejahatan Israel, dia memboikot sebuah konferensi yang diadakan oleh Presiden Israel di Yerusalem pada 2013. Fisikawan asal Inggris ini memicu kontroversi global. 

Hawking mengumumkan dukungannya terhadap boikot akademik Israel. Pernyataan Hawking ini dianggap sebagai kemenangan yang tak terbantahkan oleh Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) yang merupakan kampanye global pro-Palestina yang menentang kebijakan Israel terhadap Palestina.

Tetapi The Jerusalem Post menulis, Hawking 'menarik kembali pernyataannya bahwa ia menarik diri dari Konferensi Presiden Ke-5 di Yerusalem. Dia tidak datang karena kesehatan yang buruk.

4 dari 9 halaman

Emma Thompson (Bintang Film)

Dream - Emma Thomson adalah salah satu dari beberapa aktris yang kerap berbicara tentang politik global dan konflik internasional. Dalam kasus konflik Israel-Palestina, Emma dikenal berpihak pada Palestina.

Emma Thompson telah menjadi anggota koalisi ENOUGH! yang berbasis di Inggris. Koalisi ini memiliki agenda untuk mengakhiri pendudukan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Mengomentari laporan tentang pembangunan tembok pemisah oleh Israel yang menjebak 250.000 warga Palestina, Emma Thompson menyatakan, seperti dikutip The Electronic Intifada, '" aporan ini akan berakibat buruk pada kesehatan dan mata pencaharian warga Palestina akibat tembok pemisah Israel."

" Ini menunjukkan desakan bagi para menteri untuk membuat langkah baru bagi perdamaian yang adil. Sudah saatnya pemerintah Inggris mencocokkan antara retorika dengan tindakan nyata yang dapat menyelamatkan Palestina dan Israel dari konflik berkepanjangan," tambahnya.

5 dari 9 halaman

Roger Waters (Pink Floyd)

Dream - Penyanyi dan penulis lagu Roger Waters, diakui secara internasional sebagai bassist dan penulis lirik untuk grup rock legendaris Pink Floyd. Dia adalah salah satu selebriti pertama yang telah menunjukkan dukungan yang kuat pada perjuangan rakyat Palestina.

Pada Februari 2014, Waters menggunakan halaman Facebook-nya untuk mengkritik aktris Amerika, Scarlett Johansson karena mendukung Israel.

" Scarlett," kata Waters di halaman Facebook-nya, " Tak dipungkiri Anda memang cantik. Tetapi jika Anda berpikir Soda Stream membangun jembatan menuju perdamaian, Anda berarti tidak cukup punya perhatian."

* Soda Stream adalah perusahaan multinasional Israel yang mengkhususkan diri memproduksi minuman berkarbonasi.

6 dari 9 halaman

Meg Ryan dan Dustin Hoffman (Bintang Film)

Dream - Menurut The Guardian, aktor Hollywood Meg Ryan dan Dustin Hoffman membatalkan rencana menghadiri Festival Film Yerusalem setelah serangan Israel pada armada bantuan Gaza pada 2012.

" Meg Ryan seharusnya datang ke sini namun batal karena alasan tertentu," kata Molad Hayo, direktur asosiasi Yerusalem Cinemateque, seperti dikutip The Jerusalem Post.

" Sehari setelah insiden, kami mendapat email yang mengatakan ia tidak akan hadir, dan meski pun mereka mengklaim itu karena dia terlalu sibuk, itu jelas bagi saya bahwa mungkin ada hubungannya dengan apa yang terjadi."

7 dari 9 halaman

Jon Stewart (Komedian Satiris)

Dream - Siapa yang tak kenal Jon Stewart? Dia adalah seorang satiris politik Amerika Serikat, pembawa acara televisi terkenal dan juga stand-up comedian yang jelas-jelas mendukung Palestina dan lebih sering mengutuk politik Israel.

Jon Stewart terutama dikenal karena sangat kritis atas laporan berita Amerika yang terang-terangan bias mendukung Israel.

Dalam episode terbaru dari The Daily Show, sebuah program TV Amerika di mana dia menjadi host sejak tahun 1999, Stewart menyindir secara kasar, namun menggunakan bukti visual, laporan berita Amerika yang menggambarkan kekerasan yang terjadi di Gaza sebagai konflik antara dua kekuatan yang seimbang.

Stewart menyatakan bahwa sementara kedua belah pihak terlibat dalam pemboman udara, Israel memiliki sarana yang diperlukan menghindari kerusakan dan menghalangi rudal Palestina. Namun tidak demikian dengan Gaza yang terus menderita kerugian manusia dan material yang luar biasa.

Jika warga Israel mendapat peringatan serangan roket Palestina berkat teknologi modern, maka warga Gaza harus menerima peringatan berupa bom peringatan yang dikirim Israel. Stewart kadang menyindirnya sebagai ledakan hiburan.

8 dari 9 halaman

Rihanna (Penyanyi)

Dream - Pada Selasa, 15 Juli 2014 penyanyi Amerika keturunan Barbados Rihanna menulis tweet dengan hashtags #FreePalestine.

Tweet tersebut sempat membuat gaduh di media sosial. Meski sang diva sudah menghapus tweet tersebut 8 menit kemudian, kontroversi masih berlangsung.

Rihanna kemudian berkicau dengan nada lebih netral dan tidak memihak kedua sisi, 'Mari kita berdoa bagi perdamaian dan konflik Israel-Palestina segera berakhir! Apakah masih ada harapan?'

Aksi menulis tweet pro-Palestina dan kemudian menghapusnya selang 8 menit kemudian oleh Rihanna menarik untuk dicermati. Sebuah sumber yang dekat dengan Rihanna mengatakan kepada situs berita hiburan TMZ, " Dia [Rihanna] menghapus tweet itu karena tidak sengaja menulis demikian," dengan menambahkan bahwa " dia bahkan tidak menyadari tweet itu sampai ia mendapat protes dari fansnya."

Namun, aksi Rihanna ini tidak dianggap sangat serius oleh mayoritas followernya. Namun penghapusan tweet pro-Palestina selama 8 menit itu digambarkan sebagai 'misterius' dan 'aneh'.

9 dari 9 halaman

Dwight Howard (Bintang NBA)

Dream - Sama seperti Rihanna, bintang NBA Dwight Howard mengunggah tweet #FreePalestine.

Howard kemudian menghapusnya setelah ia mengetahui ada kekerasan di Gaza. Tidak secepat Rihanna, bintang NBA ini juga secara misterius menghapus tweet itu 15 menit kemudian.

Dia kemudian menyatakan permintaan maaf untuk tweet pro-Palestina dengan mengatakan, " Tweet sebelumnya adalah sebuah kesalahan. Saya tidak pernah berkomentar tentang politik internasional dan tidak akan pernah."

Beri Komentar