Ada 368 Ribu Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin Jelang Tutup Tahun

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 25 Oktober 2018 07:01
Ada 368 Ribu Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin Jelang Tutup Tahun
Jumlahnya meningkat dari tahun 2014.

Dream - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyalurkan beasiswa ke 302.764 mahasiswa kurang mampu.

“ Ini terjadi pada kuartal III di tahun 2018. Nanti pada kuartal ke 4 ini akan terserap 368.961 beasiswa,” kata Menristekdikti, M. Nasir, dikutip dari laman setkab.go.id, Rabu, 24 Oktober 2018.

Nasir mengatakan, akan terus memperluas peningkatan akses bagi mahasiswa yang ekonominya kurang beruntung di seluruh Indonesia. Dia ingin siswa kurang mampu dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri.

“ Jadi sekarang tidak ada lagi istilah anak miskin tidak bisa masuk perguruan tinggi negeri. Itu sudah nggak ada lagi,” ujar dia.

Menristekdikti juga menyampaikan, ternyata siswa kurang mampu yang masuk perguruan tinggi negeri melalui beasiswa bidik misi, memiliki prestasi akademik yang di atas rata-rata. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa itu sekira 82,83 persen, atau di atas 3,00.

“ Rata-rata mereka bekerja di sektor guru karena banyak guru yang pegawai negeri atau swasta BUMN, studi lanjut atau di wirausaha,” kata dia.

Sementara itu, mengenai beasiswa afirmasi untuk daerah Papua dan Papua Barat serta daerah tertinggal, terdepan dan terluar, Nasir akan memberi alokasi lebih. Dari awalnya hanya berkuota 1.673 orang, menjadi 4.715 orang pada semester triwulan ketiga. Dia berharap, pada kuartal 4 nanti bertambah sebanyak 5.743 mahasiswa.

“ Ini adalah yang menghasilkan lulusannya untuk anak Papua ini. IPK-nya rata-rata 31 persen mereka yang IPK-nya adalah 3,00. Jadi IPK-nya cukup baguslah ini,” ucap dia.

Nasir mengklaim, terjadi peningkatan pemberian beasiswa bagi mahasiswa tak mampu. Pada 2014 lalu, kata dia, pemerintah telah menyalurkan beasiswa kepada 196.408 mahasiswa.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary