Pembangunan RS Indonesia Tahap Pertama di Rakhine Rampung

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 September 2017 13:02
Pembangunan RS Indonesia Tahap Pertama di Rakhine Rampung
Pembangunan rumah sakit itu diharapkan dapat membantu proses rekonsiliasi antarkomunal di Rakhine, Myanmar.

Dream - Pemerintah Indonesia terus berupaya meringankan beban etnis Rohinya di Rakhine, Myamnar yang sedang berkonflik. Salah satu caranya dengan membantu pendirian rumah sakit Indonesia yang berlokasi di Myauk U, Rakhine.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi yang diutus Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Naypyitaw, Myanmar, pada Senin, 4 September 2017. Kedatangan Menlu Retno untuk membahas pendirian rumah sakit Indonesia itu bersama State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi.

Retno juga akan membahas serangkaian pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, dan para menteri Myanmar.

“ Pembangunan tahap pertama Rumah Sakit Indonesia telah selesai dilakukan. Tahap Pertama ini meliputi pengurukan tanah sehingga rumah sakit tidak rentan terhadap banjir serta pembangunan pagar," kata Retno dalam keterangan tertulisnya.

Dalam pembangunan tahap kedua, ruang dokter dan perawat akan didirikan. Rencananya pembangunan tahap kedua akan selesai dalam dua bulan kedepan.

Di tahap ketiga, pembangunan gedung utama rumah sakit akan dimulai. Bangunan rumah sakit ini menempati tanah seluas 8000 meter persegi dengan bangunan lebih dari 1000 meter persegi.

Pembangunan rumah sakit dikerjakan sepenuhnya oleh kontraktor dan pekerja Myanmar, yang terdiri dari warga Rakhine dan etnis Rohingya. Kegiatan ekonomi ini diharapkan akan membantu proses rekonsiliasi ketegangan antarkomunal yang terdiri di Rakhine.

Diharapkan dengan selesainya pembangunan rumah sakit tersebut, maka pelayanan kesehatan untuk semua masyarakat di Rakhine State akan dapat dilakukan dengan baik. (ism) 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi