Konflik Rohingya, Jokowi Utus Menlu Retno ke Myanmar

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 September 2017 11:01
Konflik Rohingya, Jokowi Utus Menlu Retno ke Myanmar
Jokowi mengutus Menlu Retno untuk menjalin komunikasi dengan Sekjen PBB Antonio Guteres.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi kepada etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Jokowi berjanji akan mengatasi krisis kemanusiaan dengan cara bersinergi bersama masyarakat.

“ Saya dan seluruh rakyat Indonesia, kita menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Rakhine State, Myanmar,” ujar Jokowi dalam peryataan tertulisnya di Jakarta, Minggu, 3 September 2017.

Jokowi mengatakan telah mengutus Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno L Marsudi untuk menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak, termasuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Komisi Penasihat Khusus Untuk Rakhine State, Kofi Annan.

“ Dan sore tadi (kemarin) Menteri Luar Negeri telah berangkat ke Myanmar, untuk meminta pemerintah Myanmar agar menghentikan dan mencegah kekerasan, agar memberikan perlindungan kepada semua warga termasuk Muslim di Myanmar, dan agar memberikan akses bantuan kemanusiaan,” kata dia.

Jokowi mengatakan juga telah menugaskan Retno untuk terbang ke Dhaka, Bangladesh, dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan pengungsi-pengungsi yang berada di Bangladesh.

“ Kita harapkan minggu ini kita akan mengirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan,” ucap dia.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan peristiwa sangat miris karena terjadi saat berlangsungnya ibadah haji 2017. Meski begitu, dia meminta semua pihak untuk tidak terpancing emosi.

Lukman mengatakan, seperti yang telah disampaikan Jokowi, pemerintah akan terus mendesak Myanmar untuk mengembalikan situasi keamanan dan menghindari kekerasan terhadap warga Rohingya.

“ Indonesia siap proaktif untuk ikut membantu penyelesaian masalah Muslim Rohingya di Myanmar,” kata Lukman, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 2 September 2017. (ism)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik