Bantu Rohingya, Republika Salurkan Donasi Pembaca

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 21 April 2018 07:55
Bantu Rohingya, Republika Salurkan Donasi Pembaca
Donasi yang terkumpul mencapai Rp1,197 miliar.

Dream - Harian Republika hari ini, Jumat, 20 April 2018, menyerahkan donasi kemanusiaan dari pembaca untuk Muslim Rohingya. Donasi yang terkumpul selama enam bulan ini dilaporkan mencapai Rp1.197.000.000.

Seluruh donasi diserahkan di Kantor Harian Republika di Pejaten, Jakarta Selatan akan disalurkan oleh empat lembaga donor kemanusiaan yaitu Dompet Dhuafa, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C).

" Republika akan terus memonitor supaya bantuan yang dititipkan oleh pembaca ini benar-benar sampai dan mempunyai nilai manfaat yang besar untuk mengatasi krisis kemanusiaan Rohingya," ujar Pemimpin Redaksi Repulika, Irfan Junaidi melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Irfan mengatakan donasi untuk Rohingya memang baru diserahkan saat ini. Alasannya, donasi dari pihak lain mengalir di awal sehingga menumpuk.

" Kita berpikir mungkin nanti tiga empat bulan kemudian eforia ini akan reda, sehingga kita cadangkan kalau orang sudah lupa baru kita berikan untuk menutupi kekurangan," kata Irfan.

Tidak hanya itu, kata Irfan, bantuan ini juga sebagai pengingat akan nasib para pengungsi yang tidak pasti saat ini. Pemberitaan tentang Muslim Rohingnya di banyak media sudah tidak lagi ramai sehingga mereka seperti terabaikan.

" Jadi kita ingatkan terus melalui event, melalui berita, agar mereka terus dibantu, karena bagaimanapun mereka manusia yang memiliki hak untuk hidup dan diperlakukan selayaknya manusia," tutur Irfan. " Semoga ini bisa menjadi contoh dalam membantu saudara kita yang kesulitan."

Direktur Utama PT Republika Media Mandiri, Agoosh Yoosran, mengatakan etnis Muslim Rohingya benar-benar menderita. Tidak hanya diusir dari negaranya, mereka juga mengalami kekerasan dan pembunuhan hingga pembantaian.

" Republika sebagai koran umat punya tanggung jawab untuk ikut membantu sodara kita yang sekarang sedang mengalami musibah, apalagi seiman," kata Agoosh.

Direktur Baznas, M Arifin Purwakananta, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas donasi yang diserahkan Republika. Dia berharap bantuan tersebut dapat menjadi penyuntik semangat bagi Muslim Rohingya.

" Bantuan dari pembaca Republika ini akan kami salurkan untuk membantu kesehatan di pengungsian. Apalagi ini mendekati Ramadhan kami ingin mereka tetap sehat, dapat beraktvitas sampai ada solusi bagi mereka untuk mendapatkan tempat yang lebih baik," ucap Arifin.

(Sah)

 

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie