Sejarah Sholat Sebelum Diwajibkan di Isra Miraj

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 20 April 2018 18:00
Sejarah Sholat Sebelum Diwajibkan di Isra Miraj
Nabi Muhammad SAW sudah menjalankan sholat meski belum ada perintah wajib dari Allah SWT.

Dream - Isra miraj bukan hanya peristiwa besar yang terjadi pada Rasulullah Muhammad SAW. Peristiwa ini juga berkaitan dengan turunnya perintah dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW berupa sholat wajib lima waktu.

Meski sholat baru wajib setelah Isra Miraj, ternyata ibadah ini sudah dijalankan Rasulullah. Sholat sudah ada jauh sebelum Muhammad diangkat sebagai Nabi.

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Ahmad dan Ad Daruquthni. " Jibril datang kepada Rasul ketika menyampaikan wahyu pertama dan mengajarkan Rasul wudu dan sholat."

Rasulullah SAW kemudian menjalankan sholat. Bahkan istrinya, Khadijah, serta para sahabat yang lebih dulu masuk Islam sebelum Isra Miraj sudah diperintahkan Rasulullah SAW untuk sholat.

Ibnu Rajab pun menyatakan dalil mengenai sholat dikerjakan Nabi SAW sebelum peristiwa besar Isra Miraj sangat banyak.

Tetapi, cara sholat Rasulullah sebelum Isra Miraj berbeda dengan setelahnya. Dijelaskan Ibnu Rajab dalam kitab Fathul Bari, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai jumlah rakaat dan waktu sholat Nabi SAW sebelum diwajibkan.

" Ada yang mengatakan bahwa sholat yang diwajibkan pada Rasul pada awalnya adalah dua rakaat Subuh dan dua rakaat waktu malam… Qatadah mengatakan, 'Sholat pertama kali adalah dua rakaat Subuh dan dua rakaat Isya'."

Bahkan ketika berada di Masjidil Aqsha usai menjalani Isra', Nabi SAW juga melaksanakan sholat. Riwayat mengenai hal ini cukup banyak, pada hadis-hadis yang menerangkan peristiwa Isra Miraj.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian