CONNECT WITH US!

Sya'ban Datang, Ini Amalan yang Dianjurkan Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni | Senin, 16 April 2018 20:01
Para ulama menjuluki Sya'ban sebagai Bulan Alquran.

Dream - Sya'ban, salah satu bulan dalam sistem kalender hijriah menyimpan kemuliaan meski tidak termasuk dalam bulan haram maupun bulan utama. Kamu pasti sering mendengar istilah nisfu sya'ban?

Para ulama memuliakan Sya'ban dengan memperbanyak membaca Alquran. Hal ini didasarkan pada pandangan beberapa Sahabat Rasulullah Muhammad SAW yang menganggap Sya'ban adalah bulannya Alquran.

Salah satunya seperti Anas bin Malik RA. Dalam riwayat Ibnu Rajab, Anas RA bercerita tentang kesibukan para Sahabat Rasulullah ketika masuk bulan Sya'ban, salah satunya adalah membaca Alquran.

Anas bin Malik RA berkata, " Kaum Muslim ketika telah memasuki bulan Sya'ban, mereka mengambil mushaf-mushafnya kemudian membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat hartanya agar dapat membantu menguatkan orang fakir dan miskin untuk turut serta menunaikan puasa di bulan Ramadan."

Para ulama pun menjuluki Sya'ban sebagai bulan Alquran karena merupakan pengantar menuju Ramadan. Artinya, amalan yang dianjurkan dilakukan pada Sya'ban mirip dengan Ramadan, salah satunya memperbanyak baca Alquran.

Abu Bakar Al Balkhi membuat perumpamaan bagi Sya'ban.

" Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya'ban saatnya menyiram tanaman, dan bulan Ramadan saatnya menuai hasil."

Selengkapnya...

Fakta di Balik Syed Saddiq, Menteri Termuda Malaysia