Isra Miraj, Ini Pesan Nabi Ibrahim untuk Umat Muhammad SAW

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 13 April 2018 18:01
Isra Miraj, Ini Pesan Nabi Ibrahim untuk Umat Muhammad SAW
Zikir tersebut disampaikan langsung kepada Rasulullah Muhammad SAW ketika menjalani Isra Miraj.

Dream - Bagi umat Islam, Isra Miraj merupakan peristiwa luar biasa yang dialami Rasulullah Muhammad SAW. Sejumlah riwayat menyebut pada 27 Rajab sebelum Hijrah, Rasulullah diperjalankan dalam satu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lalu ke Sidratul Muntaha.

Dalam peristiwa itu, Rasulullah sempat bertemu dengan para Nabi terdahulu. Di antaranya adalah Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud, Sulaiman, Idris, Yahya, dan Isa.

Saat bertemu Nabi Ibrahim AS, Rasulullah mendapatkan pesan untuk disampaikan kepada umat. Pesan tersebut adalah kalimat luar biasa yang menjadi tanaman surga.

Kalimat tersebut adalah 'Laa khaula wa laa quwwata illa billahi.' Arti dari kalimat tersebut adalah 'Tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah.'

Riwayat ini disebutkan dalam hadis Ahmad dari Abu Ayyub Al Anshari RA.

" Rasulullah SAW pada malam Isra', pernah melewati Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim ketika itu bertanya pada malaikat Jibril, " Siapa yang bersamamu wahai Jibril?" Ia menjawab, " Muhammad." Ibrahim pun mengatakan pada Muhammad, " Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan zikir) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas." Nabi SAW bertanya, " Apa itu ghirosul jannah (tanaman surga)?" Ia menjawab, " Laa hawla wa laa quwwata illa billah."

Selengkapnya...

Beri Komentar