Bukti Agungnya Kekuasaan Allah SWT Saat Peristiwa Isra Miraj

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 13 April 2018 17:01
Bukti Agungnya Kekuasaan Allah SWT Saat Peristiwa Isra Miraj
Peristiwa ini sungguh luar biasa dan hanya bisa diterima lewat iman.

Dream - Isra Miraj merupakan peristiwa iman yang wajib diyakini oleh setiap Muslim. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW berpindah dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis, lalu naik ke sidratul muntaha atau langit ketujuh hanya dalam waktu satu malam.

Jika dinalar, mungkin ada orang yang menyatakan peristiwa itu tidak masuk akal. Tetapi, ada banyak keajaiban yang jika kita renungi, merupakan bukti dari agungnya kekuasaan Allah SWT.

Peristiwa Isra Miraj secara jelas terekam dalam Surat Al Isra ayat 1.

" Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Keajaiban pertama yaitu berpindahnya Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Jarak antara Mekah dan Baitul Maqdis bukanlah hanya sejengkal, apalagi antara Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

Butuh berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk bisa menempuh jarak tersebut jika menggunakan unta atau kuda. Pun demikian jika dengan mobil saat ini, butuh beberapa hari mengingat jauhnya jarak tersebut.

Sementara Rasulullah SAW, atas kehendak Allah SWT, hanya butuh waktu sangat sedikit. Melesar meninggalkan kediaman untuk sholat berjemaah dengan ruh para nabi terdahulu dan para malaikat di Masjidil Aqsa.

Kemudian, Rasulullah SAW naik ke sidratul muntaha, tempat yang tidak ada satupun makhluk yang pernah ke sana. Tempat yang bisa kita sebut ghaib dan bisa diterima keberadaannya hanya dengan iman.

Di sana, Rasulullah SAW menghadap Allah SWT untuk mendapatkan perintah yang harus disampaikan kepada umat yaitu sholat. Usai menerima perintah itu, Rasulullah kembali ke Masjidil Haram sebelum fajar muncul.

Seperti dalam Surat Al Isra' di atas, Allah memperlihatkan tanda-tanda keagungan-Nya kepada Rasulullah. Lewat peristiwa itu pula, Rasulullah ditunjukkan pelbagai rahasia alam semesta, termasuk alam ghaib sekaligus diberikan pengalaman spiritual berjumpa dengan para Nabi terdahulu seperti Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Daud, Sulaiman, Idris, Yahya, dan Isa.

Ada satu perintah didapat dan harus disampaikan Rasulullah kepada umatnya, yaitu sholat fardlu. Perintah ini langsung diberikan Allah, tanpa perantara apapun. Sehingga momen Isra Miraj harus menjadi pengingat kita untuk melaksanakan perintah tersebut.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB