Kemenag Luncurkan Font Alquran khas Indonesia

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 13 April 2018 14:01
Kemenag Luncurkan Font Alquran khas Indonesia
Font ini dikembangkan sesuai standar Unicode Arabic Script.

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan bentuk font untuk pencetakan Alquran khas Indonesia. Bentuk huruf tersebut dinamai Font LPMQ Isep Misbah dan sudah dapat diunduh di aplikasi Alquran digital buatan Lembaga Pentashihan Mushaf Alquran.

" Font ini dibuat dan didedikasikan khusus untuk penulisan Mushaf Alquran Standar Indonesia sehingga di dalamnya terdapat penyesuaian dan penambahan karakter khas yang hanya ada dalam Mushaf Alquran Standar Indonesia," ujar Ketua Tim LPMQ Zarkasyi, dikutip dari kemenag.go.id, Jumat, 13 April 2018.

Zarkasyi mengatakan Font LPMQ Isep Misbah merupakan huruf Arab yang dikembangkan sesuai Unicode Arabic Script. Dalam Unicode Arabic Script termuat huruf-huruf standar diakritik (tanda baca tambahan pada huruf) di penulisan abjad dan numeralia Arab.

 Font Alquran khas Indonesia© kemenag.go.id

Contoh Font LMPQ Isep Misbah (kemenag.go.id)

Selanjutnya, kata Zarkasyi, Isep Misbah merupakan nama kaligrafer yang membuat huruf tersebut. Penamaan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap pencipta font tersebut.

" Sumber dan bentuk karakter huruf dan angka Arab dalam font ini berasal dari tulisan tangan kaligrafer Isep Misbah, MA. yang dikembangkan oleh Tim IT LPMQ," ucap Zarkasyi.

Font ini, kata Zarkasyi, dibuat untuk mendukung penulisan Mushad Alquran Standar Indonesia yang menggunakan rasm Usmani, juga tanda baca dan tanda wakaf khusus. Nantinya, font ini diintegrasikan dengan software office Quran in Word yang akan diluncurkan sebentar lagi.

Font ini dapat digunakan semua pengembang aplikasi Alquran secara gratis. Masyarakat umum juga dapat memanfaatkan font ini.

" Semoga ini menjadi amal jariyah kita semua. Amin," kata Zarkasyi.

Bagi Anda yang berminat mencari informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Tim IT LPMQ di Bayt Alquran Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

(Sah)

 

Beri Komentar
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 1