Sidratul Muntaha, Di Mana Tempat Mulia Itu Berada?

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 14 April 2018 18:00
Sidratul Muntaha, Di Mana Tempat Mulia Itu Berada?
Sidratul Muntaha terkait dengan peristiwa Isra Miraj.

Dream - Peristiwa Isra Miraj tidak bisa dilepaskan dari Sidratul Muntaha. Sebuah tempat suci yang masih menjadi misteri bagi umat Islam.

Sidratul Muntaha atau yang lebih kita kenal dengan Langit Ketujuh diyakini sebagai tempat bertemu Rasulullah Muhammad SAW dengan Allah SWT. Pertemuan ini menghasilkan perintah langsung dari Allah kepada Nabi SAW yaitu sholat lima waktu.

Lantas, di manakah Sidratul Muntaha terletak?

Sidratul Muntaha secara harfiah memiliki makna 'tumbuhan sidrah yang tidak terlampaui.' Jika dibayangkan, mungkin seperti pohon yang sangat tinggi meski makna sebenarnya bukanlah tumbuhan.

Nama ini sebenarnya melambangkan tidak ada satupun makhluk yang bisa sampai di sana. Hanya atas izin Allah SWT saja, tempat itu bisa didatangi.

Sejumlah dalil juga tidak menyebut secara rinci seperti apa tempat ini. Contohnya seperti Surat An Najm ayat 13-18.

" Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Penglihatannya (muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar."

Selengkapnya...

Beri Komentar