Tak Dianjurkan Menitipkan Anak ke Orangtua

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 19 April 2018 12:00
Tak Dianjurkan Menitipkan Anak ke Orangtua
Tanggung jawab pengasuhan ada pada orangtua kandung, bukan kakek nenek dari si anak.

Dream - Tugas orangtua kepada anaknya adalah merawat dan mendidik mereka. Dari orangtua, anak belajar tentang kepribadian dan perilaku.

Kerap kita jumpai orangtua menitipkan anak-anaknya kepada kakek neneknya karena alasan bekerja. Mereka tidak memilih menitipkan kepada orang lain dengan alasan khawatir salah asuhan.

Sebenarnya, Islam sangat tidak menganjurkan anak dititipkan kepada orangtua ayah ibunya. Sebab, seorang anak yang sudah menikah berkewajiban untuk berbakti kepada orangtuanya, seperti dalam firman Allah SWT di Surat Al Isra ayat 23.

" Dan Tuhanmu Telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan " ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."

Orangtua di usia lanjut patut mendapat perlakuan yang lemah lembut dari anak-anaknya. Si anak juga harus berhati-hati dalam berucap, jangan sampai membuat hati orangtuanya terluka.

Kemudian, fisik yang melemah menjadi pertimbangan selanjutnya agar kita tidak menitipkan pengasuhan anak kepada orangtua. Kondisi fisik tersebut berpengaruh terhadap kejiwaan para orangtua yang menjadi semakin sensitif.

Lalu, patut diperhatikan dengan sungguh, tanggung jawab pengasuhan ada pada orangtua, bukan orang lain. Baik buruk seorang anak bergantung para sejauh mana orangtua mendidiknya.

Selengkapnya baca di sini...

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian