Setiap Dosa Diampuni Allah, Kecuali `Akbar al Kabair` Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 20 April 2018 20:07
Setiap Dosa Diampuni Allah, Kecuali `Akbar al Kabair` Ini
Tobat adalah jalan utama mendapat ampunan Allah SWT.

Dream - Setiap dosa bisa mendapat ampunan dari Allah SWT. Ampunan tersebut diberikan jika kita bertobat dan memohon kepada-Nya.

Dalam hukum syariah, dosa terbagi menjadi besar dan kecil. Meski begitu, umat Islam sebisa mungkin harus menghindar dari dari kedua jenis dosa ini dan bertobat jika sudah melakukannya.

Tetapi, ada dosa yang ternyata tidak mendapat ampunan dari Allah SWT. Jumhur ulama menyatakan dosa-dosa besar tersebut yaitu syirik (menyekutukan Allah dengan yang lain, berzina, dan membunuh.

Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim, dari Ibnu Mas'ud RA yang bertanya kepada Rasulullah Muhammad SAW.

" Dosa manakah yang lebih besar? Nabi SAW menjawab, 'Kamu menjadikan sekutu bagi Allah padahal Dia telah Menciptakanmu. Ibnu Mas’ud bertanya kembali. 'Lalu apa?' Nabi SAW menjawab, 'Kamu membunuh anakmu karena khawatir ia makan bersamamu.' Ibnu Mas'ud bertanya, 'Lalu apa?' Nabi SAW menjawab, 'Kamu berzina dengan isteri tetanggamu.' Kemudian Allah menurunkan Surat Al Furqan ayat 68 sebagai pembenaran terhadap jawaban Nabi SAW tersebut. 'Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina'."

Syirik disebut dosa paling besar. Dalam fikih disebut akbar al kabair. Ancaman terhadap musyrik (pelaku syirik) bahkan secara tegas disebutkan dalam Surat An Nisa ayat 48.

" Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah (berbuat syirik), maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar."

Berzina, apalagi dengan istri tetangga, sama dengan menyakiti saudaranya. Setiap Muslim diwajibkan untuk menghormati dan memuliakan tetangga. Berzina sama saja dengan merusak kehormatan tersebut.

Selengkapnya...

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian