Terkuak! Ini Motif Pelaku Penembakan di Masjid Selandia Baru

Reporter : Maulana Kautsar
Sabtu, 16 Maret 2019 06:00
Terkuak! Ini Motif Pelaku Penembakan di Masjid Selandia Baru
Balas dendam aksi teror di Stockholm, Swedia.

Dream - Polisi telah menangkap empat pelaku teror di dua masjid di Christchruch, Selandia Baru. Para pelaku terdiri dari tiga pria dan satu wanita.

" Polisi tidak mengetahui adanya tersangka lain di daerah ini, tetapi tidak akan menganggap tidak akan ada tersangka lebih lanjut," kata Kepala Kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, dikutip dari Global TimesJumat 15 Maret 2019.

Bush mengatakan, polisi setempat juga telah menemukan dan menetralkan sejumlah alat peledak improvisasi (IED) yang terpasang pada kendaraan.

Sementara itu, laman The Local melaporkan, seorang teroris yang ditahan menyebut aksinya dilakukan karena `balas dendam` atas kematian seorang gadis di Swedia yang berusia 11 tahun dalam serangan teror Stockholm pada 2017.

Teroris itu disebut-sebut tergabung dalam kelompok ekstrimis sayap kanan. Salah satu teroris diidentifikasi sebagai pria kelahiran Australia yang menulis telah merencanakan aksi itu hingga dua tahun.

Dokumen setebal lebih dari 70 halaman yang dikutip oleh media Australia dipenuhi dengan referensi `white power`, menyebut imigran sebagai " penjajah asing" , dan menggambarkan serangan itu sebagai upaya untuk " menciptakan suasana ketakutan" .

Tersangka kelahiran Australia, dilaporkan menggambarkan dirinya sebagai seorang rasis dan fasis. Merujuk pada teroris dan pembunuh massal asal Norwegia, Anders Behring Breivik dan, Swedia, Anton Lundin Pettersson, yang menewaskan tiga orang dalam serangan terhadap sekolah di Trollhättan pada 2015.

2 dari 5 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ini Temuan KPK di Kasus Romahurmuziy