PM Irak Sesumbar, `Gulung` ISIS Tahun Depan

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 30 Desember 2015 09:46
PM Irak Sesumbar, `Gulung` ISIS Tahun Depan
MIliter Irak berhasil merebut kota Ramadi dari tangan ISIS.

Dream - Perdana Menteri Irak Haider Al Abadi mengklaim operasi gerakan ekstrimis ISIS akan berhenti pada 2016. Pernyataan ini dikeluarkan menyusul berhasilnya bendera Irak berkibar di gedung-gedung pemerintahan di kota Ramadi, sebagai penanda kota itu berhasil direbut dari ISIS.

" 2016 akan menjadi tahun kemenangan besar dan final, ketika keberadaan ISIS di Irak berakhir," ujar Abadi.

" Kami telah membebaskan Mosul dan ini akan menjadi pukulan telak bagi ISIS," kata dia.

Mosul merupakan salah satu kota utama yang terletak di bagian utara Irak. Kota ini didiami oleh sebagian besar jumlah penduduk Irak dan dikuasai ISIS.

Meski demikian, terdapat pernyataan yang bertentangan dari Kepala Operasi Militer di Anbar, Jenderal Ismail Al Mahlawi. Dia mengatakan Ramadi tidak bisa disebut sepenuhnya telah bebas dari ISIS.

" Kita tidak bisa katakan Ramadi bebas secara penuh. Masih ada lingkungan yang berada di bawah kendali mereka dan masih ada kantong-kantong perlawanan," kata Mahlawi.

Mahlawi membenarkan pasukan Irak berhasil merebut kembali komplek pemerintahan dan pusat kota. Tetapi, menurut dia, sebagian kawasan Ramadi masih berada di bawah kekuasaan ISIS.

Dia menerangkan ISIS masih memegang 30 persen kendali di Ramadi. Sementara kekuatan pemerintah tidak dapat sepenuhnya dapat mengontrol setiap distrik yang menjadi basis perlawanan ISIS.

(Ism, Sumber: theguardian.com)

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian