Imam Masjidil Haram Hadiri Wisuda Akbar Penghafal Quran

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 23 Oktober 2014 09:35
Imam Masjidil Haram Hadiri Wisuda Akbar Penghafal Quran
Wisuda Akbar yang digelar rutin tiap tahun ini akan dihelat di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Dream - Dalam rangka pergantian tahun baru Islam yang jatuh pada 25 Oktober 2014 ini, Yayasan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Quran menggelar Wisuda Akbar Indonesia Menghafal Quran (IMQ).

Wisuda Akbar yang digelar rutin tiap tahun ini akan dihelat di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Sabtu 25 Oktober nanti. Tujuan wisuda yayasan pimpinan Ustad Yusuf Mansur ini sebagai syiar cinta Alquran. 

" Kami mengajak masyarakat untuk semakin mengenali, membaca, menghafal, dan mengamalkan Alquran. Lewat forum ini pula, dipantau perkembangan para Penghafal Alquran secara nasional, ini juga sekaligus sebagai forum konsolidasi," ujar Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi Assidik pada Konperesi Pers Wisuda Akbar di kawasan Tangerang, semalam. 

IMQ pertama kali digelar pada 8 Mei 2010 di Masjid At-Tiin, Komplek TMII, Jakarta Timur. Acara itu dihadiri sebanyak 3000 wisudawan dan sekitar 5000an orang pendamping. Para peserta wisuda menyetorkan hafalan empat surah pilihan: Surah Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah, dan Surah Al-Mulk.

IMQ berikutnya digear di tempat yang sama, pada 16 Mei 2011 dan diikuti 5000 orang peserta dengan sepuluh ribuan pendamping. Sementara di tahun 2012 agar lebih menasional, IMQ III yang dilaksanakan pada 19 Mei 2012 di Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang mengundang peserta dari berbagai kota di berbagai provinsi. Sebanyak 5000 peserta mengikuti proses wisuda akbar ini dan ditambah 15.000 pendamping.

" Alhamdulillah, Wisuda Akbar IMQ IV tingkat internasional di GBK pada 30 Maret 2014, dihadiri 20.000 peserta dan 40.000 pendamping dari berbagai Pesantren Tahfidz, Rumah Tahfidz, dan Majelis Taklim di seluruh Indonesia. Gelaran ini tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai acara wisuda menghafal Qur’an dengan jumlah peserta terbanyak," ujar Tarmizi.

Untuk acara tahun ini tak tanggung-tanggung akan dihadiri Imam Masjid An Nabawi, Madinah, Syaikh Sa’ad Al-Ghamidi dan sejumlah ulama dan imam dari Timur Tengah di antaranya Imam Masjidil Haram Syeikh Ahmad Sudais dan Syeikh Sholah Budair (Madinah), Syeikh Muhammad Abdulkarim, Dekan Fakultas Qur'an Universitas Sudan, Imam Masjidil Haram Syeikh Adil (Makkah), Dosen Ahli Universitas Libanon Syeikh Dr Khalid Barokat,  Ketua Ha'iah Al-Alamiah Litahfidil Qur'anil Karim Syeikh Ali Basfar(Jeddah), Dosen Fakultas Qur'an Universitas Madinah Syeikh Ahmad Syamsan.

Turut hadir juga para Syaikh yang menjadi dosen di Perguruan Arroiyah, Sukabumi, seperti Dr. Soleh Musa (Sudan) dan Dr Abu Aiman (Afrika), dan KH Sirojul Huda Pimpinan Arroiyah Sukabumi.

Ada lagi Syeikh Dr Mahir asal  Syiria yang jadi Dosen Universitas Imam Syafi'I Cianjur, dan Syaikh Ro'i serta Direktur Yayasan Al-furqon Jeddah, Qoidah Nuroniyah.

Tak hanya itu sejumlah Menteri dan Duta Besar juga memastikan hadir, seperti Dr Muhammad Syahim (Menteri Agama Maladewa), Dubes Sudan, Maroko, dan Dubes Syria.

" IMQ V ini bakal diikuti sekitar 100.000 orang dari komunitas Rumah Tahfidz. Para peserta berasal dari 4.000-an Rumah Tahfidz yang tersebar di 26 Provinsi di Tanah Air," kata tarmizi. Selain itu kegiatan ini juga akan diikuti oleh unsur majelis taklim dan masyarakat umum lainnya.

PPPA Daarul Qur’an juga mengundang kaum muslimin untuk mengikuti wisuda yang mewajibkan hafalan Surah Muhammad dan Al-Baqarah ayat 51-100 ini.

" Sebanyak 400 relawan disiapkan untuk membantu menyukseskan pelaksanaan Wisuda Akbar 5 yang akan digelar pada tanggal 25 Oktober 2014 mendatang. Mereka telah direkrut sejak satu bulan sebelumnya, untuk memberikan service terbaik kepada para peserta IMQ V," kata Tarmizi.

Tarmizi berharap acara ini semakin membuat masyarakat Indonesia mencintai Alquran serta mengeratkan jalinan silaturahmi semuanya. " Semoga masyarakat untuk semakin mengenali, membaca, menghafal, mentadabburi dan mengamalkan Alquran. Serta silaturahmi kitas emua bisa terjalin dengan baik," harapnya. (Ism)

Beri Komentar