Sempat Diragukan, WHO Beri Ucapan Selamat Kepada Rusia Atas Vaksin Sputnik V

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 23 September 2020 09:00
Sempat Diragukan, WHO Beri Ucapan Selamat Kepada Rusia Atas Vaksin Sputnik V
Rusia telah membantun memberikan bantuan kepada negara-negara Asia Tengah di saat pandemi.

Dream - Badan Kesehetan Dunia (WHO) memberikan apresiasinya atas upaya para ilmuwan di Rusia dalam pengembangan vaksin Sputnik V yang aman dan efektif.

Sputnik V menjadi vaksin Covid-19 pertama yang terdaftar secara resmi buatan Rusia, dikembangkan oleh Institut Penelitian Sains Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, yang kini telah memasukin tahap tiga uji klinis yang melibatkan 2.000 sukarelawan.

" WHO sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Rusia dalam mengembangkan vaksin untuk melawan Covid-19 yaitu Vaksin Sputnik V, sekali lagi saya ingin berterima kasih kepada Rusia atas upaya yang sangat baik untuk menciptakan vaksin yang aman dan efektif," jelas Direktur Regional Eropa WHO, Hans Kluge, setelah bertemu dengan Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko, dikutip dari merdeka.com, Selasa 22 September 2020.

Hans juga mengatakan bahwa Rusia telah membantunya memberikan bantuan kepada negara-negara Asia Tengah di saat pandemi, dan secara umum telah menunjukkan komitmennya terhadap solidaritas global.

1 dari 3 halaman

Vaksin Aman dan Efektif, Tersedia Januari 2021

Kementerian Kesehatan Rusia telah memastikan vaksin tersebut menjalani semua pemeriksaan yang diperlukan dan terbukti mampu membangun kekebalan terhadap virus setidaknya selama dua tahun.

Pemerintah Rusia pun mengumumkan bahwa vaksin yang ditemukan tersebut akan mulai diproduksi pada awal September 2020. Sementara itu, untuk ketersediaannya untuk seluruh dunia diperkirakan akan didistribusikan mulai Januari 2021.

Moskow sendiri dikabarkan telah menerima permintaan satu miliar dosis vaksin dari setidaknya 20 negara, namun pihak berwenang mengatakan jika mereka akan melayani rakyatnya terlebih dahulu.

Sumber: merdeka.com

2 dari 3 halaman

Brasil Jadi Negara Uji Coba Vaksin Covid-19 dari Rusia

Dream - Kini, vaksin Covid-19 sedang diuji coba di beberapa negara agar bisa menemukan yang benar-benar ampuh untuk mengatasi pandemi.

Salah satu negara yang tengah memproduksi calon vaksin Covid-19 adalah Rusia. Namun, mereka melakukan uji coba di negara lain, yaitu Brasil.

Dilansir dari Liputan6.com, baru-baru ini negara bagian Bahia di Brasil telah menjadi lokasi uji coba klinis Fase 3 untuk vaksin Sputnik-V. Rencananya 50 juta dosis vaksin tersebut akan dipasarkan.

Hal tersebut disetujui pada 8 September lalu dengan penandatanganan perjanjian antara Rusia dengan Gubernur Negara Bagian Bahia, Rui Costa.

Saat ini, Costa juga terus mempererat hubungan internasional untuk membantu perkembangan vaksin Covid-19. Bahkan, rencananya Bahia akan menerima 500 dosis setelah disetujui oleh regulator kesehatan Brasil, Anvisa.

3 dari 3 halaman

Akan Dipasarkan di Bahiafarma

Jika Sputnik-V terbukti berhasil mengatasi Covid-19 pada Oktober mendatang, Bahia akan mulai memasarkannya melalui pusat penelitian farmasi Bahiafarma .


Kabar baiknya adalah Rusia mulai menyebut Sputnik-V sebagai vaksin Covid-19 meski uji coba belum rampung. Nampaknya, keyakinan tersebut juga dirasakan oleh pihak berwenang di negara bagian itu yang akan membeli 50 juta dosis Sputnik-V.

Hal ini pun diakui oleh Kepala Eksekutif Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Kiril Dmitriev pada 10 September lalu.

" Satu lagi negara bagian besar di Brasil telah setuju untuk mendapatkan 50 juta dosis vaksin," kata Dmitriev. Namun, ia tidak menyebutkan jelas negara bagian yang dimaksud.

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar