Heboh Tarian di Atas Sajadah, Ini Jawab Kanwil Agama DKI

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 Januari 2016 19:32
Heboh Tarian di Atas Sajadah, Ini Jawab Kanwil Agama DKI
Menurut Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman, tarian yang dilakukan di atas sajadah itu merupakan kelalaian panitia penyelenggara acara.

Dream - Aksi penari tarian Bali di atas sajadah dalam rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-70 di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DKI Jakarta menuai kritik. Tak mau polemik berkembang lebar, panitia penyelenggara dari Kanwil Kemenag DKI Jakarta segera menyampaikan permintaan maafnya.

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman, menjelaskan tarian yang dilakukan di atas sajadah itu merupakan kelalaian panitia penyelenggara acara. Dia mengatakan tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian tersebut.

" Untuk itu kami memohon maaf kepada semua pihak atas kelalaian ini," kata Abdurrahman, Senin, 4 Januari 2016.

Abdurrahman menjelaskan, kejadian itu bermula saat panitia lupa melipat karpet yang digunakan usai pementasan 175 siswa madrasah yang menari Tari Saman. Belum sempat digulung, karpet mirip sajadah itu kemudian digunakan sebagai 'alas' tarian Bali.

Abdurrahman mengatakan jika karpet yang digunakan itu bukanlah karpet yang biasa digunakan untuk salat. Karpet di Aula tersebut, menurutnya, merupakan karpet yang biasa digunakan untuk kegiatan sosial di Kanwil DKI Jakarta.

“ Atas nama panitia HAB ke-70, kami mengucapkan terima kasih atas kritik dan sarannya. Hal ini akan menjadi bahan pembelajaran bagi kami untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang,” ujar dia dalam informasi tertulis yang diterima Dream.

HAB Kementerian Agama sendiri diperingati setiap tanggal 3 Januari. Peringatan HAB di Kanwil DKI Jakarta ditandai kemarin ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di halaman kantor.

Dalam kesempatan itu, diberikan penghargaan berupa Lencana Karya Satya kepada sejumlah aparatur Kemenag Kanwil DKI Jakarta yang telah mengabdikan diri selama puluhan tahun. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah yang diiringi pertunjukan seni tari Saman dan Tari Kanyaka Sura.

Beri Komentar