Nusantara Dipilih Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Pertimbangannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 18 Januari 2022 07:00
Nusantara Dipilih Jadi Nama Ibu Kota Negara, Ini Pertimbangannya
Nusantara disiapkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo.

Dream - Rancangan Undang-undang Ibu Kota Baru terus dimatangkan. Di balik itu, nama untuk Ibu Kota Baru telah disiapkan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, akhirnya mengungkap nama untuk Ibu Kota Baru tersebut. Menurut dia, nama tersebut disiapkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo.

" Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu (dapat perintah) dan Beliau (Jokowi) mengatakan Ibu Kota Baru ini namanya Nusantara," ujar Suharso dalam rapat bersama Panitia Kerja RUU IKN.

Suharso menerangkan makna di balik Nusantara sehingga dipilih sebagai nama Ibu Kota Baru. Menurut dia, Nusantara menggambarkan realitas ke-Indonesiaan.

" Dengan nama itu mengungkapkan realitas ke-Indonesia," kata dia.

 

1 dari 4 halaman

Karakter Negara Maritim

Dia mengatakan pemilihan nama ini didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Seperti, wilayah geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan disatukan lautan.

" Justru disatukan itu menunjukkan kita negara maritim," kata Suharso.

Pertimbangan lain, Nusantara menggambarkan kemajemukan geografis. Hal inilah yang menjadi landasan majemuknya Indonesia, mulai dari budaya, etnis, dan sebagainya.

" Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan, dan Ibu Kota kita, Indonesia, dengan nama itu mengungkapkan realitas," kata Suharso, dikutip dari Merdeka.com.

2 dari 4 halaman

Penampakan Desain Istana Negara dan Kantor Kepresiden di Ibu Kota Baru

Dream - Desain kawasan Istana Kepresidenan di ibu kota negara (IKN) baru, Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya telah terungkap. Bocorannya telah dibagikan melalui akun Instagram I Nyoman Nuarta, pencipta dari desain tersebut.

Nyoman mengatakan desain Istana di IKN sudah selesai dan disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia juga membagikan tiga gambar desain istana presiden dalam unggahannya di Instagram

" Desain Istana IKN yang telah final disambut dengan sukacita, dan telah disetujui Presiden," kata Nyoman dalam keterangan foto yang diunggahnya pada Selasa, 4 januari 2022.

Sekilas, bentuk istana tersebut mirip dengan burung garuda yang sedang mengepakkan sayapnya. Kawasan Istana Kepresidenan itu juga tampak megah berdiri di atas sebuah bukit.

      View this post on Instagram      

A post shared by Nyoman Nuarta (@nyoman_nuarta)

 

3 dari 4 halaman

Desain bangunan Istana Kepresidenan tersebut dikelilingi oleh hamparan rumput dan pepohonan di tiap sisinya. Bangunannya dirancang menyatu dengan alam bernuansa hijau di ibu kota baru.

Desain tersebut juga merupakan hasil karya Nyoman yang sudah diperlihatkan kepada Jokowi dan beberapa menteri, yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

" Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tanggal 3 Januari,bersama Mensesneg, Men PUPR, dan Ibu Dirjen Cipta Karya. Terimakasih atas segala dukungannya untuk dapat meciptakan karya orisinil yang tidak di pengaruhi kaidah-kaidah arsitek konial," tambah Nyoman dalam keterangan unggahannya.

Istana Negara di IKN baru© Instagram @nyoman_nuarta

4 dari 4 halaman

Unggahan desain Nyoman pun mendapat banyak komentar. Rata-rata adalah warganet yang memberi selamat atas hasil karya Nyoman.

" Congratulations Pak Nyoman, turut bangga dalam proses ini," komentar warganet.

" Alhamdulillah saya pribadi sudah tidak sabar demgan karya bapak di tanah kami borneo. Cepat berdiri gagah bangunannya pak," tutur warganet yang tinggal di Ibu Kota Negara baru.

" Congratulation Pak! Proud dan keren luar biasa. Bakal jadi sejarah," puji warganet lain.

Menanggapi komentar-komentar warganet, Nyoman juga turut mengucapkan terima kasih dan meminta doa agar pembangunan istana tersebut berjalan lancar.

" Terima kasih sahabat pencinta seni, semoga IKN berjalan lancar."

Sebagai informasi, berdasarkan draf Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), pemindahan status ibu kota negara dari Provinsi DKI Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) dilakukan pada semester I tahun 2024.

" Pemindahan status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke IKN dilakukan pada semester I (satu) tahun 2024 dan ditetapkan dengan Peraturan Presiden," bunyi Pasal 3 ayat 2 RUU IKN.

Beri Komentar