Masker Oksigen Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 19 Januari 2021 16:00
Masker Oksigen Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan
Dalam video yang beredar, terlihat masker oksigen pilot Sriwijaya Air SJ 182

Dream - Tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu, 9 Januari 2021, hingga kini masih menyisakan duka yang mendalam bagi banyak pihak. Pesawat komersial yang terbang dari Jakarta menuju Pontianak itu jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Hingga kini tim Basarnas masih melangsungkan pencarian serpihan dan jasad korban pesawat tersebut. Salah satu video pencarian viral di TikTok.

Video viral tersebut milik Kopaska TNI AL yang diambil gambarnya pada 15 Januari 2021. Dalam tayangan itu terlihat masker oksigen pilot Sriwijaya Air SJ-182 yang dikomandoi oleh Kapten Afwan.

Tak hanya masker oksigen, tim penyelam juga menemukan winglet pesawat di dasar laut. Penemuan tersebut langsung diangkat ke permukaan laut untuk dilaporkan kepada tim Basarnas.

1 dari 7 halaman

Video viral itu salah satunya diunggah kembali oleh akun TikTok @alyahdill dan ditonton lebih dari 3,7 juta views, mendapat 228.700 likes serta 1.776 komentar dari warganet.

Banyak dari warganet yang mempertanyakan jasad Kapten Afwan, sementara masker oksigennya sudah berhasil ditemukan.

" Masker oksiden pilot ya Allah, lalu di mana jasad yang memakai masker itu ya Allah. Kembalikan jasad mereka," kata seorang netizen.

" Semoga Kapten Afwan segera secepatnya ditemukan, amin ya Allah," timpal yang lain.

" Kapten Afwan sudah tenang di surga bersama penumpang yang lain kan? Bahagia di sana ya kapten," kata netizen lainnya.

2 dari 7 halaman
3 dari 7 halaman

Beredar Foto Profil WhatsApp Kapten Afwan, Beri Pesan Menohok

Dream - Pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan sekitar Kepulauan Seribu, Kapten Afwan di lingkungan keluarga dan tetangganya dikenal sebagai sosok yang religius. Hal ini diungkap oleh Ketua RT Perumahan Bumi Cibinong Endah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

" Baik orangnya santun, rajin salat, kalau libur pasti selalu ke masjid, " ungkap Agus Pramudibyo di kediaman Kapten Afwan, dikutip dari Merdeka.com, Sabtu 10 Januari 2021.

Kapten Afwan yang juga sempat menjadi bendahara masjid dan mantan ketua RT setempat, sering memberi tausiah dalam setiap kegiatan keagamaan di lingkungan komplek.

4 dari 7 halaman

Satu hal yang cukup menarik adalah foto profile akun WhatsApp-nya, Kapten Afwan tidak memasang foto dirinya. Dia justru menggunakan meme tokoh hero Superman yang sedang terduduk di hadapan sajadah yang terbentang.

Terlihat juga tulisan 'Setinggi apapun aku terbang, tidak akan mencapai SURGA bila tidak SHALAT lima waktu'.

Dalam foto yang diterima Dream.co.id, terlihat profil WhatsApp nama sang pilot, L Capt Afwan dan terakhir terlihat pada pukul 13.46 WIB, Sabtu 9 Januari 2021 kemarin. 

5 dari 7 halaman

Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-1822, Dikenal Santun & Taat Beribadah

Dream - Pesawat Sriwijaya SJ182 tujuan Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021 siang kemarin. Pesawat membawa 50 penumpang, 6 kru aktif dan 6 kru ekstra.

Salah satu kru yang ada dalam penerbangan tersebut adalah Kapten Afwan, warga Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

" Baik orangnya santun, rajin salat, kalau libur pasti selalu ke masjid," ungkap Ketua RT setempat, Agus Pramudibyo di kediaman Kapten Afwan, Sabtu 10 Januari 2021.

6 dari 7 halaman

Muslim Taat

Menurutnya, Kapten Afwan yang juga sempat menjadi bendahara masjid dan mantan ketua RT setempat sering memberi tausiah dalam setiap kegiatan keagamaan di lingkungan komplek.

" Beliau sering ngisi tausiah di arisan RT, ataupun kalau ada kegiatan-kegiatan di lingkungan perumahan sini," terang Agus.

Menurutnya, walaupun Kapten Afwan belum ber-KTP Bogor, tapi ia sudah tinggal di RT 01/10 Perumahan BCE, Kabupaten Bogor sejak 10 tahun silam.

7 dari 7 halaman

Keluarga Kapten Afwan

Kapten Afwan memiliki seorang istri dan tiga anak. Paling sulung masih duduk di bangku kelas 1 SMP dan paling bungsu masih duduk di bangku TK.

Kapten Afwan merupakan mantan personel TNI AU yang sudah purna tugas sejak 1998. Ia pernah berdinas di Skadron Udara 4 dan Skadron Udara 31.

Seperti diketahui, Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 lepas landas (take off) dari Bandara Sukarno Hatta pukul 14.40 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Supadio Pontianak pukul 15.50 WIB, hilang kontak di atas Pulau Lancang Kepulauan Seribu. (mut)

Sumber: merdeka.com

Beri Komentar