Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Viral Masjidil Haram Sepi karena Corona, Ini Faktanya

Viral Masjidil Haram Sepi karena Corona, Ini Faktanya Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali (Kemenag.go.id)

Dream - Sebuah video mengenai Masjidil Haram tengah viral beredar di media sosial. Video tersebut memperlihatkan Masjidil Haram sepi ditambah narasi dampak dari tersebarnya wabah virus corona.

Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali, memberikan klarifikasi video itu. Dia menyatakan saat ini Masjidil Haram ramai dikunjungi jemaah.

"Masjidil Haram tetap ramai, jemaah tetap melaksanakan umrohnya dengan baik dan lancar," ujar Endang, dikutip dari Kemenag.go.id.

Menurut Endang, video yang tersebar diambil usai musim haji tiga tahun lalu. Ada jeda antara selesainya musim haji dengan kedatangan jemaah umroh sehingga Masjidil Haram tampak sepi.

"Itu gambar setelah musim haji sekitar tiga tahun lalu. Saat itu, setelah musim haji tidak langsung ada jemaah umroh yang datang ke Masjidil Haram," kata dia.

Selanjutnya, Endang mengatakan per 1 Maret 2020, sudah ada 4.951 jemaah umroh yang kepulangannya difasilitasi KJRI Jeddah.

Mereka pulang dengan 19 penerbangan yang dilayani oleh sembilan maskapai yaitu Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Ettihad, Emirates, Oman Air, Lion, Flynass, Srilankan Air, dan AirAsia.

Sebelumnya, Saudi mengumumkan kasus pertama pasien positif terinfeksi corona. Pasien tersebut diketahui baru bepergian dari Iran lewat Bahrain namun tidak mengaku dari Iran ketika diperiksa petugas.

Saudi juga memberlakukan penghentian penerimaan jemaah umroh dan pengunjung dari luar negeri. Bahkan, penerbitan visa kunjungan ditangguhkan untuk waktu yang belum ditentukan usai tujuh warganya terinfeksi corona di Bahrain dan Kuwait.

Arab Saudi Umumkan Kasus Pertama Pasien Positif Terjangkit Virus Corona

Dream - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kasus pertama positif terjangkit virus corona (Covid-19). Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, pada Senin malam waktu setempat.

Sebelumnya, Saudi bebas dari virus selama tiga bulan ketika wabah corona menyebar ke 66 negara. Termasuk beberapa negara di kawasan Timur Tengah.

Kebanyakan kasus positif infeksi virus corona di Timur Tengah disumbang oleh mereka yang baru bepergian dari Iran atau memiliki kontak langsung dengan orang yang baru dari negara tersebut. Negara terdekat Saudi yang mencatatkan kasus tersebut yaitu Bahrain dan Kuwait.

Otoritas kesehatan menyatakan pasien positif virus corona Saudi sebelumnya bepergian dari Iran lewat Bahrain melalui King Fahad Causeway. Ketika di pintu masuk, pasien ini tidak memberitahu petugas bahwa dia baru saja dari Iran.

Pasien tersebut lalu menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan positif. Selanjutnya, dia langsung menjalani karantina di salah satu rumah sakit.

Sebelumnya, Saudi memberlakukan penutupan sementara penerimaan warga asing. Termasuk bagi para calon jemaah umroh dari seluruh dunia.

Saudi juga menangguhkan sementara waktu permohonan penerbitan visa kunjungan. Khusus untuk jemaah umroh yang sudah berada di Saudi tetap diizinkan untuk beribadah ataupun pulang ke negara mereka.

Keputusan ini diambil setelah ada tujuh warga Saudi dinyatakan positif terjangkit corona di Bahrain dan Kuwait. Mereka dilaporkan baru bepergian dari Iran.

Sejauh ini, Iran menjadi negara dengan angka kematian akibat virus corona terbesar kedua setelah China. Jumlahnya mencapai 66 orang.

(Sah, Sumber: Arab News)

Semua Pasien Positif Virus Corona di Vietnam Dilaporkan Sembuh Total

Dream - Vietnam masuk dalam daftar negara-negara yang melaporkan adanya kasus infeksi virus corona. Ada 16 orang yang dinyatakan positif, termasuk salah satu pasien bayi berusia 3,5 bulan.

Kabar menggembirakan pun muncul. Total 16 pasien dilaporkan sembuh sehingga saat ini Vietnam tidak lagi memiliki kasus infeksi Covid-19.

Data John Hopkins University per 3 Maret 2020 pukul 11.33, angka kematian akibat corona di Vietnam tercatat 0, sementara angka kesembuhan mencapai 16, sama dengan jumlah kasus yang terkonfirmasi di negara tersebut.

Peta Corona Vietnam

Peta sebaran virus corona di Vietnam

Hingga saat ini, China masih menempati posisi teratas kasus corona terkonfirmasi. Jumlahnya mencapai 80.151 kasus dengan angka kematian sebanyak 2.944 dan pasien sembuh mencapai 47.203.

Negara dengan kasus terbanyak berikutnya adalah Korea Selatan, Italia, dan Iran. Masing-masing tercatat mengalami 4.612 kasus di Korsel, 2.036 kasus di Italia dan 1.501 kasus di Iran,

Tetapi, angka kematian terbesar setelah China justru terjadi di Iran mencapai 66 orang. Sementara di Korsel sebanyak 28 orang dan Italia 52 orang.

Demikian pula dengan kasus pasien sembuh. Di Iran tercatat ada 291 pasien dinyatakan pulih, sementara Korsel hanya 33 orang dan Italia 149 orang.

Penjelasan Imigrasi Soal Warga Jepang Terjangkit Corona Bisa Masuk Indonesia

Dream - Virus corona telah menginfeksi dua warga Depok, Jawa Barat. Keduanya diduga tertular dari warga Jepang yang sempat masuk ke Indonesia lalu dinyatakan positif corona ketika berada di Malaysia.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Arvin Gumilang, mengatakan kementeriannya tidak bisa mendeteksi warga asing terinfeksi penyakit. Hal itu masuk ranah penanganan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai garda terdepan.

"Terkait dengan pencegahan penyakit di setiap negara, port health (kesehatan pelabuhan) menjadi garda terdepan sebelum Imigrasi," ujar Arvin, dikutip dari Liputan6.com.

Alvin mengatakan KKP memiliki otoritas untuk memeriksa kondisi kesehatan warga negara asing sebelum masuk ke Indonesia. Setelah melakukan pemeriksaan dan ditemukan hasilnya positif, KKP memberikan rekomendasi kepada Imigrasi untuk menolak orang tersebut masuk.

"Dalam skema perlintasan orang masuk wilayah Indonesia, Imigrasi melakukan pengawasan administratif terhadap orang asing dan dokumen perjalanannya, dan kemudian mencatatnya dalam sistem perlintasan," kata dia.

Tak Bisa Dilacak Jika Sudah Masuk

Alvin melanjutkan pihak Imigrasi juga tidak dapat melacak keberadaan warga asing jika telah masuk ke Indonesia.

"Kecuali orang asing tersebut melakukan perpanjangan izin tinggal imigrasi di kantor Imigrasi, maka akan terlihat keberadaannya di mana," kata dia.

Sebelumnya, dua warga Depok kontak langsung dengan warga Jepang di sebuah pesta dansa. Usai pesta itu, keduanya mengalami batuk dan kurang enak badan.

Sempat menjalani rawat jalan, keduanya minta dirawat inap karena kondisinya tidak juga juga membaik. Saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit, salah satu dari keduanya mendapat telepon dari warga Jepang, memberitahukan sedang dirawat di Malaysia karena positif corona.

(Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Cegah Virus Corona, Pengelola Bandara Pastikan Pengawasan Sesuai SOP

Dream - PT Angkasa Pura II (Persero)/AP II memastikan sudah menjalankan prosedur pencegahan virus corona di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sesuai ketentuan. Perusahaan pengelola bandara pelat merah ini juga telah melakukan pencegahan sejak awal tahun.

“Koordinasi intensif dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta antara operator bandara yakni PT Angkasa Pura II dengan Otoritas Bandara, Kantor Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder lainnya,” kata Vice President Corporate Communications AP II, Yado Yarismano, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 3 Maret 2020.

Yado mengatakan tim Facilitation (FAL) yang dipimpin oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I sudah diaktifkan sebagai wadah koordinasi di antara stakeholder di Soekarno-Hatta,” ujar Yado Yarismano.

Pengecekan suhu tubuh di Bandara Soetta.

Bandara Soekarno-Hatta juga telah dilengkapi berbagai sarana untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain thermal scanner juga terdapat thermo gun, kapsul isolasi, hingga lebih banyak hand sanitizer dan pembagian masker secara berkala.

Rencana kontingensi apabila terdapat penunpang pesawat yang terdeteksi terjangkit COVID-19 pun sudah disiapkan. Jika ada laporan dari pilot, maka pesawat diarahkan terlebih dahulu untuk menuju area karantina.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Detik-Detik Warga Siak Meninggal Dunia Ketika Sholat Zuhur Berjemaah, Berpulang Saat Bersujud

Detik-Detik Warga Siak Meninggal Dunia Ketika Sholat Zuhur Berjemaah, Berpulang Saat Bersujud

Viral warga siak meninggal dunia saat bersujud shalat zuhur berjamaah di masjid.

Baca Selengkapnya
Viral Video Surat Suara Sudah Tercoblos Sebelum Digunakan Pemilih di Jeddah

Viral Video Surat Suara Sudah Tercoblos Sebelum Digunakan Pemilih di Jeddah

Idham mengatakan bahwa pemilih dapat meminta surat suara pengganti apabila mendapatkan surat suara yang telah tercoblos atau rusak.

Baca Selengkapnya
Viral Burung Merpati Sujud di Masjidil Haram, Jadi Sorotan Jemaah yang Hendak Sholat

Viral Burung Merpati Sujud di Masjidil Haram, Jadi Sorotan Jemaah yang Hendak Sholat

Burung Merpari ini Sujud di Masjidil Haram Ketika Jamaah Hendak Menunaikan Ibadah Shalat

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jemaah Indonesia Wajib Tahu, Arab Saudi Terapkan 5 Aturan Baru di Masjidil Haram, Apa Saja?

Jemaah Indonesia Wajib Tahu, Arab Saudi Terapkan 5 Aturan Baru di Masjidil Haram, Apa Saja?

Aturan baru itu ditetapkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaah saat melakukan tawaf dan Sa'i

Baca Selengkapnya
Viral! Seorang Nenek di Pekalongan Meninggal Posisi Sujud saat Sholat Berjamaah di Masjid

Viral! Seorang Nenek di Pekalongan Meninggal Posisi Sujud saat Sholat Berjamaah di Masjid

Seorang Nenek meninggal dunia saat sholat berjamaah di masjid.

Baca Selengkapnya
Viral Jemaah Sholat Tarawih di Bogor Membludak Sampai Masuk Minimarket, Ternyata Ini Penyebabnya

Viral Jemaah Sholat Tarawih di Bogor Membludak Sampai Masuk Minimarket, Ternyata Ini Penyebabnya

Jemaah salat di lorong minimarket, ada yang sambil belanja.

Baca Selengkapnya