CONNECT WITH US!

Mau Aqiqah? Hapalkan Doa Ini Saat Cukur Rambut Si Bayi

Reporter : Ahmad Baiquni | Selasa, 14 November 2017 08:01
Rambut bayi dicukur lalu ditimbang dan disetarakan dengan emas kemudian disedekahkan.

Dream - Bagi para orangtua, sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah tujuh hari setelah buah hati lahir ke dunia. Hal ini merupakan perintah Nabi Muhammad SAW, yang terdapat dalam hadis riwayat Abu Dawud.

Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.

Aqiqah merupakan aktivitas menyembelih hewan untuk penebusan kelahiran seorang anak. Ketentuannya, dua ekor kambing bagi bayi laki-laki dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan.

Dalam perjamuan aqiqah, dianjurkan untuk mencukur rambut si bayi. Rambut tersebut kemudian ditimbang dan disetarakan dengan berat emas untuk kemudian disedekahkan.

Saat mencukur rambut si bayi, dianjurkan membaca doa ini.

 Doa saat mencukur rambut bayi

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil 'alamin. Allahumma nurus samawati wa nurusy syamsyi wal qamari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati rasulullahi shallallahu 'alaihi wasallam walhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya:

" Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam."

#MovieTalk - KELUARGA TAK KASAT MATA (Part 1)