Ini Tiga Amalan Wasiat Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 16 November 2017 15:02
Ini Tiga Amalan Wasiat Rasulullah
Amalan ini tergolong ringan, tetapi membutuhkan keistiqomahan.

Dream - Bagi umat Islam, ibadah merupakan inti dari kegiatan keagamaan. Umat Islam pun diwajibkan atas beberapa ibadah seperti sholat, zakat, puasa dan haji bagi yang mampu.

Meski demikian, Rasulullah Muhammad SAW menyeru umat Islam untuk tidak lepas dari ibadah sunah. Ini demi meningkatkan catatan amal kelak.

Rasulullah sendiri sering melaksanakan ibadah di luar yang wajib. Tetapi, sesekali Nabi meninggalkan ibadah sunah itu dengan alasan khawatir dianggap sebagai amalan wajib.

Ini merupakan bentuk kearifan Rasulullah. Tampaknya, Rasulullah sangat paham dengan kondisi umatnya sehingga tidak mau membenani mereka.

Ada banyak amalan sunah yang bisa kita kerjakan. Meski demikian, terdapat tiga amalan yang diwasiatkan Rasulullah, seperti dituturkan Abu Hurairah yang dikutip Al Baihaqi dalam kitabnya Fadhail Awqat.

Abu Hurairah berkata, 'Kekasihku, Muhammad SAW, berwasiat dengan tiga hal, (sholat) witir sebelum tidur, puasa tiga hari di setiap bulan, dan salat dhuha.

Wasiat itu memang diberikan Rasulullah kepada Abu Hurairah. Namun demikian, bukan berarti tidak khusus untuk Abu Hurairah, semua orang bisa mengerjakannya.

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar