CONNECT WITH US!

Sudah Saling Ridho, Apakah Bunga Bank Jadi Tidak Riba?

Reporter : Ahmad Baiquni | Rabu, 15 November 2017 13:02
Bunga bank selalu ada di setiap kredit yang diberikan bank konvensional.

Dream - Selama ini, sistem kredit pada bank konvensional mensyaratkan adanya kelebihan dari pokok terutang. Istilahnya bunga bank.

Para ulama sepakat menghukumi bunga bank haram karena riba. Artinya, kelebihan pembayaran utang tersebut tidak boleh dilakukan.

Tetapi, ada yang menyebut bunga bank tidak riba. Alasannya, masing-masing pihak baik nasabah dan bank selaku pemberi kredit sudah saling ridha. Menyepakati besaran yang ditentukan. Namun benarkah demikian?

Dikutip dari laman konsultasi syariah, Ibnu Qudamah dalam kitabnya Al Mughni memberikan penjelasan terkait riba.

" Semua utang yang mempersyaratkan harus dilebihkan (pelunasannya) hukumnya haram tanpa ada perbedaan (sepakat ulama)."

Pendapat lain disampaikan oleh Ibnul Mundzir dalam kitab Al Ijma'.

" Ulama sepakat bahwa apabila orang yang memberi utang mempersyaratkan pihak yang dihutangi harus memberi tambahan atau hadiah, kemudian dilakukan transaksi utang piutang dengan kesepakatan itu, maka mengambil tambahan tadi statusnya riba."

Dua pendapat ini memang berasal dari ulama klasik yang kala itu belum mengenal bank. Meski demikian, para ulama kontemporer juga telah menyatakan hukum bunga bank yang tercantum dalam kitab Ahkam Al Maal Al Haram.

" Muktamar Majma’ al-Buhuts al-Islamiyah di Kairo, tahun 1965, hingga muktamar tertinggi di Mekah, yang dihadiri lebih dari 300 ulama besar, menetapkan bahwa semua bunga bank adalah haram."

Terkait soal peminjam dan pemberi pinjaman yang saling ridho, hal itu tidak membatalkan hukum haram riba. Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Bukhari, dari Abu Burdah yang mendapatkan pesan dari Abdullah bin Sallam RA.

" Apabila kamu mengutangi orang lain, kemudian orang yang diutangi memberikan fasilitas membawakan jerami, gandum, atau pakan ternak maka janganlah menerimanya, karena itu riba."

Selengkapnya...

9 Highlight Victoria's Secret Fashion Show 2017