CONNECT WITH US!

Usai Mandi Junub Tak Harus Berwudhu?

Reporter : Ahmad Baiquni | Selasa, 14 November 2017 11:02
(Foto: Shutterstock.com)
Ada yang menyatakan harus berwudhu sebelum sholat meski sudah mandi junub.

Dream - Mandi junub merupakan aktivitas yang wajib dilakukan usai berhadas besar seperti berhubungan intim suami istri. Juga karena mengeluarkan sperma karena mimpi basah bagi pria atau usai haid dan nifas bagi wanita.

Sedangkan wudhu memiliki berbedaan dengan mandi meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk menyucikan diri. Wudhu dilakukan untuk membersihkan dari hadas kecil.

Terdapat pendapat di masyarakat yang menyatakan meski sudah mandi junub, kita tetap harus wudhu sebelum sholat. Benarkah demikian?

Dikutip dari rubrik Syariah Nahdlatul Ulama, terdapat sebuah hadis yang menjelaskan tatkala Rasulullah melaksanakan sholat usai mandi junub. Hadis ini diriwayatkan Abu Dawud, Nasai dan Tirmidzi.

Dari Aisyah radliyallaahu 'anha berkata, " Rasulullah sering mandi kemudian melakukan sholat dua rakaat dan sholat subuh. Dan aku tidak melihatnya memperbarui wudhunya setelah mandi" .

Dalam hadis lain diriwayatkan Ibnu Majah disebutkan,

Nabi tidak pernah berwudhu setelah mandi jinabat.

Imam Nawawi berpendapat dalam kitabnya Majmu' Syarh Muadzdzab. Imam Nawawi membolehkan tidak berwudhu usai mandi junub karena wudhu sudah termasuk dalam mandi tersebut.

Selengkapnya...

#SusahnyaJadiArtis - Personil Wayang Susah Urus KPR