Kisah Hijrah Penyanyi Wanita AS Setelah Ikut Arabs Got Talent

Reporter : Sugiono
Sabtu, 23 Juni 2018 11:00
Kisah Hijrah Penyanyi Wanita AS Setelah Ikut Arabs Got Talent
Namun video tentang hijrahnya yang beredar di YouTube adalah palsu.

Dream - Jennifer Grout memang tidak bisa berbahasa Arab sama sekali, tapi dia punya bakat yang langka. Penyanyi asal Amerika Serikat itu pandai menyanyikan melantunkan tembang Arab, termasuk lagu-lagu tradisional.

Dia menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan begitu lancar, lembut dan indah. Ketika berpartisipasi di Arabs Got Talent pada tahun 2013, Grout termasuk di antara tiga finalis teratas.

Ribuan penonton menyaksikan Grout menyanyikan lagu-lagu Arab yang dipopulerkan oleh Umm Kulthoum di YouTube. Namun, sebuah video Grout di YouTube terlihat berbeda. Video tersebut menjadi viral karena ada momen mengharukan di dalamnya.

Video yang diunggah pada bulan Desember 2013 itu memperlihatkan Grout telah memeluk Islam. Meski akhirnya mengakui bahwa dia memang telah menjadi mualaf, Grout mengatakan bahwa video tersebut palsu.

" Video itu sebenarnya bagian dari sebuah film Maroko yang aku buat sebelum tampil di Arabs Got Talent. Aku sedih, dan juga takut karena kabar itu tersiar juga di Internet," katanya kepada Tabloid! saat itu.

Grout menyesal karena tidak sempat memberi tahu tentang keislamannya kepada keluarga dan teman-temannya.

" Tapi sekarang sudah terungkap, dan mungkin itu adalah hal yang positif. Aku tidak malu dengan apa yang aku yakini," tambahnya dalam sebuah wawancara melalui email.

1 dari 2 halaman

Tinggal di Maroko dan Mendalami Islam

Video itu memperlihatkan Grout mengucapkan kalimat syahadat dengan dua saksi di kanan kirinya.

Grout, yang memutuskan tinggal di Maroko, mengaku belum pergi ke masjid untuk menegaskan hijrahnya.

“ Tapi aku mengatakan syahadat dari hatiku. Aku mulai melakukan sholat lima waktu. Itu adalah hal yang paling penting. Aku mencoba untuk belajar tentang sholat, untuk mengetahui lebih banyak tentang arti Alquran, dan sejarah Islam.

" Yang aku tahu Islam bukanlah sebuah kondisi statis, tetapi proses untuk menjadi sesuatu yang lebih baik," jelas Grout.

Dia mulai tertarik pada agama setelah menjadi ateis selama dua tahun. Baginya, agama lebih banyak mendatangkan masalah daripada kedamaian dunia.

Namun ketika bertemu dengan tunangannya yang berasal dari Maroko, tanpa sadar pandangan Grout tentang agama berubah.

" Dengan berusaha memahami dan membuka pikiranku, tiba-tiba hal-hal aneh dan menakjubkan mulai terjadi padaku.

" Ini seperti sebuah kebetulan dan perasaan atau sensasi besar yang belum pernah aku alami sebelumnya. Begitulah proses diriku menjadi Islam dimulai," katanya.

2 dari 2 halaman

Membantah Keturunan Arab

Ketika tampil di Arabs Got Talent, Grout mampu menyanyikan lagu-lagu berbahasa Arab dengan lancar dan sempurna. Banyak yang mengira dia memiliki garis keturunan Arab.

Namun hal itu dibantah oleh Grout. Dia mengaku lahir dan dibesarkan di Cambridge, Massachusetts, AS. Dia adalah putri dari seorang pianis dan pemain biola.

Grout mulai belajar musik pada usia lima tahun. Dia pertama kali tertarik musik Arab ketika belajar opera dan lagu-lagu klasik di McGill University di Montreal.

Sumber: Gulfnews.com

Beri Komentar