Keutamaan Menjawab Azan yang Tak Pernah Kita Duga

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 19 Juni 2018 18:00
Keutamaan Menjawab Azan yang Tak Pernah Kita Duga
Ternyata, faedah menjawab azan sungguh luar biasa.

Dream - Azan sudah akrab bagi umat Islam. Kalimat ini merupakan penanda kita untuk sholat fardlu. Kita dianjurkan untuk menjawab azan.

Mungkin ada sebagian dari kita yang mengabaikan anjuran ini. Padahal, menjawab azan ternyata bukan amalan ringan. Ada banyak keutamaan dalam menjawab azan yang mungkin tidak pernah kita duga.

Dikutip dari konsultasi syariah, beberapa keutamaan itu adalah menjawab azan bisa menjadi saksi kebaikan.

Hal ini ditunjukkan dalam hadis riwayat Bukhari dari Abu Daid Al Khudri RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

" Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat."

Keutamaan kedua, menjawab azan mengantarkan ke surga. Hal ini dibahas dalam hadis riwayat Muslim, Abu Daud dan lainnya, dari Umar bin Khattab RA dari Rasulullah SAW.

" Ketika muadzin mengumandangkan, Allahu akbar.. Allahu akbar. Lalu kalian menjawab: Allahu akbar.. Allahu akbar. Kemudian muadzin mengumandangkan, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah.. Lalu kalian menjawab, Asyhadu anlaa ilaaha illallaah., hingga akhir azan. Siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga."

Keutamaan ketiga, Allah mengampuni dosa orang yang menjawab azan. Dalam hadis riwayat Ahmad, Muslim dan lainnya dari Sa'ad bin Abi Waqqash RA disebutkan.

" Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa yang ketika mendengar adzan dia mengucapkan, 'Laa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalahu, wa anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu, radliitu billahi rabbaa wabi muhammadir rasuulaa, wabil islaami diina. Siapa yang mengucapkan itu maka dosa-dosanya akan diampuni."

Selengkapnya...

Beri Komentar