Saat Idul Fitri, Ini Amalan-amalan yang Disunahkan

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 15 Juni 2018 06:03
Saat Idul Fitri, Ini Amalan-amalan yang Disunahkan
Apa saja amalan-amalan tersebut?

Dream - Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam usai menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh. Momen ini selalu disambut penuh sukacita.

Bagi Muslim Indonesia, Lebaran menjadi saat yang tepat untuk menyambung silaturahim. Mereka memanfaatkan betul momen ini untuk bersilaturahim, mengunjungi keluarga dan kerabat jauh.

Sebagai momen yang agung, Idul Fitri patut dirayakan dengan penuh keistimewaan. Terdapat beberapa amalan sunah yang sangat dianjurkan dikerjakan ketika Idul Fitri.

Dikutip dari bincangsyariah.com, amalan sunah pertama adalah mengumandangkan takbir. Waktunya dimulai ketika matahari tenggelam hingga akan sholat Id.

Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menyebutkan, takbir sunah dikerjakan usai melaksanakan sholat-sholat sebelum sholat Id. Juga sunah hukumnya dilantukan dalam keadaan tertentu, yaitu di keramaian manusia.

Takbir juga sunah dikerjakan saat berjalan, duduk, maupun berbaring. Juga disunahkan dilantunkan ketika berada di jalan maupun di masjid.

Amalan kedua, menghidupkan malam Idul Fitri dengan zikir, sholat malam, atau ibadah sunah lainnya. Dasarnya adalah hadis riwayat Ibnu Majah dari Abi Umamah RA.

" Siapa yang menghidupkan dua malam hari raya, maka hatinya tidak akan mati ketika hati-hati (yang lain) mati."

Amalan ketiga yaitu mandi sunah Idul Fitri. Hari raya adalah harinya berhias, sehingga disunahkan untuk mandi di hari raya.

Amalan keempat yaitu berhias. Sangat dianjurkan mengenakan pakaian terbaik dan memakai wangi-wangian serta memotong kuku.

Amalan kelima yaitu makan sebelum Sholat Id. Ini didasarkan pada hadis riwayat Ahmad dan Tirmidzi, dari Ibnu Baridah dari bapaknya RA.

" Rasulullah SAW tidak akan keluar di hari raya Fitri sebelum beliau makan, dan beliau tidak akan makan dulu di hari raya Adha sebelum beliau salat (terlebih dahulu)."

Selengkapnya...

(ism) 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak