Saat Masbuk Sholat Id, Harus Bagaimana?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 13 Juni 2018 18:00
Saat Masbuk Sholat Id, Harus Bagaimana?
Berlaku ketentuan masbuk seperti sholat fardu, makmum menggenapkan rakaat yang terlewat.

Dream - Masbuk saat sholat jemaah mungkin pernah kita alami. Kita diharuskan mengikuti gerakan yang sedang dilakukan imam dan bukan memulai dari awal.

Begitu imam mengakhiri sholat dengan salam, maka makmum yang masbuq harus menggenapkan rakaat yang tidak dia kerjakan bersama imam.

Bagaimana jika masbuk dalam sholat Id?

Dikutip dari bincangsyariah.com, kewajiban makmum menggenapkan rakaat yang tidak dia kerjakan bersama imam tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

" Jika kalian mendengar iqamah, maka berjalanlah menuju sholat. Namun tetaplah tenang dan khusyu' menuju sholat, jangan tergesa-gesa. Apa saja yang kalian dapati dari imam, maka ikutilah. Sedangkan yang luput dari kalian, maka sempurnakanlah."

Ketentuan ini berlaku untuk semua sholat. Tidak hanya sholat fardlu lima waktu, namun juga sholat Jumat maupun sholat Id.

Tetapi, sholat Id memiliki rukun yang berbeda dengan sholat lainnya. Menurut Imam An Nawawi, jika seorang makmum mendapati satu rakaat bersama imam, maka dia wajib mengerjakan rakaat tersebut dengan lima takbir sebagai awal sholatnya.

Setelah imam selesai salam, makmum masbuk langsung berdiri dan menambah rakaat yang terlewat. Rakaat itu dihitung sebagai rakaat kedua dengan lima takbir sebelum membaca surat Al Fatihah.

Jika makmum mendapati imam sujud pada rakaat kedua bahkan sudah duduk tasyahud akhir, maka dia mengikuti gerakan imam. Saat imam selesai, dia langsung berdiri dan mengerjakan dua rakaat sholat Id dengan tujuh takbir di rakaat pertama dan lima takbir di rakaat kedua.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'