Cerita Pemudik: 'Perjalanan Paling Lancar Sepanjang Sejarah'

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Juni 2018 14:20
Cerita Pemudik: 'Perjalanan Paling Lancar Sepanjang Sejarah'
Waktu perjalanan mudiknya separuh dari waktu yang dihabiskan untuk mudik tahun-tahun sebelumnya.

Dream – Ada yang berbeda dalam tradisi  mudik Lebaran tahun ini. Sejumlah masyarakat mengaku merasakan pengalaman mudik yang lebih lancar daripada tahun-tahun sebelumnya.

Agnes Vira Febriana, seorang pemudik yang berangkat dari Bekasi menuju Jepara, Jawa Tengah merasakan perbedaan tersebut. 

“ Kalau tahun ini, kemarin cuma 10 jam dan 2 jam istirahat. Jadi, totalnya 12 jam,” kata dia ketika dihubungi Dream, Selasa 12 Juni 2018.

Menurut Agnes mudik tahun ini terasa lebih cepat karena dua faktor. Pertama, libur Lebaran diperpanjang. Kedua, ada tol-tol baru yang beroperasi fungsional. Dua faktor ini bisa memangkas waktu tempuh Bekasi—Jepara dari 24 jam menjadi 12 jam.

Agnes dan keluarganya memilih bertolak ke Jepara pada 9 Juni 2018. Diceritakannya, jalan tol kala itu masih lancar.

“ Kalau sekarang lebih cepat karena memang mudiknya masih jauh dari Lebaran. Mungkin yang lain belum pada mudik,” kata dia.

Agnes mengaku senang dengan kelancaran arus lalu lintas saat mudik tahun ini. “ Senanglah. Jadi, nggak capek-capek banget waktu mudik,” kata dia.

Selain pilihan waktu mudik yang lebih panjang, Agnes mengatakan singkatnya waktu tempuh juga didorong oleh beroperasinya sejumlah ruas tol baru. Tahun ini Agnes melintasi ruas tol Tol Pemalang—Semarang.

Diakuinya, ruas tol ini masih belum baik untuk dilalui pengendara, terlebih malam hari.

“ Lebih mempersingkat waktu, sih, yang tol baru Semarang. Tapi, tolnya memprihatinkan gitu, deh. Masih belum terlalu aman buat dilewati kalau malam,” kata dia.

Pengalaman serupa doalami Oka Hasno Shidiq. Oka mengaku hanya memerlukan waktu tempuh 6 jam untuk tiba di kampung halamannya di Bumiayu, Jawa Tengah. 

“ Berangkat jam 16.30 dari Bekasi, sampai Bumiayu jam 22.00,” kata dia ketika dihubungi Dream.

Oka mengatakan waktu tempuh ke Bumiayu ini lebih singkat daripada mudik tahun-tahun sebelumnya karena ada Tol Cipali.

“ Sebelum ada Tol Cipali, bisa sampai 12 jam—13 jam ke Bumiayu,” kata dia. 

Oka juga mengaku senang karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk pulang ke Bumiayu. " Senang karena memakan waktu yang cukup tidak membuang waktu yang lama di jalan," kata dia.

Pengalaman mudik yang lebih cepat juga dialami oleh pengamat media sosial dan IT, Nukman Luthfie. Dia menceritakan perjalanan mudik ke Yogyakarta hanya memerlukan waktu 10 jam, separuh dari waktu yang ditempuh pada tahun lalu.

“ #senja di tol Cipali. Perjalanan mudik paling lancar sepanjang sejarah mudikku ke Yogyakarta. Jalan santai <100 jm/jam plus 3x berhenti, solat dan berbuka, sampai ke Wates dalam tempo 10 jam. Tahun lalu 20 jam,” cuit Nukman di akun Twitternya, @nukman.

 

 

(Sah)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna