Kala Pidato Gus Dur Buat Pemuka Yahudi Menangis

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 21 Juni 2018 06:01
Kala Pidato Gus Dur Buat Pemuka Yahudi Menangis
Usai berpidato, peserta sampai memberikan tepuk tangan selama 15 menit.

Dream - Mendiang KH Abdurrahman Wahid, tenar dengan sapaan Gus Dur, diceritakan pernah membuat para pemuka agama Yahudi menitikkan air mata. Kejadian itu terekam saat Gus Dur berpidato menggunakan bahasa Ibrani tanpa teks.

Kisah para Rabi Yahudi menangis oleh pidato Gus Dur itu dikisahkan Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat KH M. Luqman Hakim.

“ Dulu Gus Dur malah jadi pembicara utama Kongres Yahudi di Israel,” ungkap Kiai Luqman, dikutip Dream dari laman NU Online, Kamis, 21 Juni 2018.

Kisah tersebut diceritakan KH M Luqman lewat akun twitter pribadinya @KHMLuqman menanggapi polemik ramainya KH Yahya Kholil Staquf atau Gus Yahya yang menjadi pembicara di American Jewish Committee (AJC) Global Forum di Yerusalem beberapa waktu lalu.

Kiai Luqman menceritakan para pemuka agama Yahudi memberikan tepuk tangan panjang usai pada Gus Dur menyampaikan pidatonya. Bahkan dikatakannya, tepuk tangan itu merupakan yang terpanjang di dunia karena berlangsung selama 15 menit.

Dakwah kemanusiaan yang dahsyat,” ujar Kiai Luqman.

Tak hanya Gus Yahya, keberangkatan Gus Dur ke Israel kala itu juga mendapat penolakan. Bahkan, tentangan itu berasal dari dalam NU sendiri. Menurut Kiai LUqman, para kiai NU meminta Gus Dur mengurungkan niatnya karena konflik Israel dan Palestina sedang memanas.

“ Tapi efeknya mengejutkan dan positif bagi dunia Islam. Pemikirannya yang mendunia membuat dia diangkat jadi Presiden Perdamaian Agama Samawi,” jelas Kiai Luqman.

Baca kisah selengkapnya di sini

(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik