Mengenal Salman bin Abdulaziz, Raja Baru Saudi

Reporter : Eko Huda S
Minggu, 25 Januari 2015 09:03
Mengenal Salman bin Abdulaziz, Raja Baru Saudi
Salman dikenal lihai menengahi perbedaan pendapat, menangani masalah hukum, dan juga menangani masalah-masalah ekonomi.

Dream - Salman bin Abdulaziz Al Saud menjadi Raja Arab Saudi yang baru. Dia menggantikan King Abdullah bin Abdulaziz yang meninggal pada Jumat 23 Januari 2015, dalam usia 90 tahun.

Salman lahir di Saudi pada 31 Desember 1935. Ibunya adalah Hassa Al Sudairi. Nama lengkapnya adalah Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah bin Mohammed bin Saud.

Dia merupakan putra mahkota ketiga tahta Kerajaan Saudi. Salman ditetapkan sebagai putra mahkota pada bulan Juni 2012, setelah dua kakak lelakinya wafat pada akhir 2011 dan pertengahan 2012.

Salman telah kenyang dengan pengalaman di pemerintahan. Pada dekade 1950-an, sang ayah, Raja Abdulaziz, menunjuknya sebagai perwakilan dan walikota di Riyadh pada 17 Maret 1954. Kala itu usianya 19 tahun.

Dia kemudian ditunjuk sebagai Gubernur Riyadh pada 4 Februari 1963. Selama menjadi Gubernur Ibukota Saudi itu, Salman memiliki reputasi cemerlang. Dia menjadikan Riyadh dari kota medium menjadi metropolis. Salman menarik pariwisata, investasi, dan investasi asing di dalam negaranya.

Selain itu, Salman juga dikenal lihai menengahi perbedaan pendapat, menangani masalah hukum, dan juga menangani masalah-masalah ekonomi.

Pada 5 November 2011, Salman diangkat menjadi Menteri Pertahanan, menggantikan saudaranya, almarhum Putra Mahkota Sultan, dan juga Pangeran Sattam bin Abdulaziz. Hari itu juga Salman terpilih sebagai anggota Dewan Keamanan Nasional (NSC).

Pada 18 Juni 2012, Salman ditunjuk sebagai putra mahkota Kerajaan Saudi, tak lama setelah kematian saudatanya, Pangeran Nayef bin Abdulaziz. Dia juga ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri Saudi. Pada 27 Agustus 2012, Pengadilan Kerajaan Saudi mengumumkan Salman bertanggung jawab atas urusan negara sejak Raja Abdullah berada di luar negeri karena liburan pribadi.

Sebagai Raja Saudi, Salman menjadi Pemelihara Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sementara, posisi putra mahkota diwarisi saudara tiri Salman, Muqrin bin Abdulaziz Al Saud. (Dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More