Nama Buah Khuldi Diciptakan oleh Setan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 22 Desember 2017 12:00
Nama Buah Khuldi Diciptakan oleh Setan?
Nabi Adam AS menjadi korban hoax yang dibuat setan.

Dream - Kisah tentang Nabi Adam AS sudah cukup akrab bagi umat Islam. Kisah ini biasanya disampaikan oleh para ustaz untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya godaan setan.

Dalam riwayat yang tersampai kepada kita disebutkan penyebab Nabi Adam AS terusir dari surga adalah godaan untuk memakan buah dari pohon terlarang. Buah tersebut dinamai 'khuldi' yang bermakna 'keabadian'.

Riwayat ini terdapat dalam Surat Thaha ayat 120.

Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: 'Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?'

Benarkah buah itu adalah khuldi?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc. menjelaskan ternyata nama 'khuldi' bukan berasal dari Allah SWT. Nama tersebut justru dibuat oleh setan.

Maksud setan dengan memberi nama buah terlarang itu adalah agar Nabi Adam dan Hawa tergoda untuk memakannya. Dinamai khuldi oleh setan agar Nabi Adam percaya bisa hidup abadi dengan memakan buah itu.

Hal ini disebutkan dalam Surat Al A'raf ayat 20.

Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: 'Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal'.

Selengkapnya...

Beri Komentar