Pesan Rasul Soal Kekuasaan yang Diminta

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Juni 2018 08:01
Pesan Rasul Soal Kekuasaan yang Diminta
Rasul mengingatkan agar umat Islam tidak berambisi menjadi penguasa.

Dream - Sejumlah daerah di Indonesia telah menunaikan haknya dalam Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) 2018 kemarin. Sebanyak 171 daerah kini tengah menantikan keputusan resmi tentang pemimpin yang akan menjabat dalam lima tahun ke depan. 

Dari jumlah tersebut, 17 pemilihan digelar mencari gubernur dan wakil gubernur baru, 39 pilwalkot, dan 115 pilbup. Mereka yang terpilih akan berkuasa di daerahnya.

Ketika masa pencalonan, mereka berusaha sebisa mungkin menarik hati rakyat. Ada yang blusukan, sowan ke ulama, ada pula yang mendatangi masyarakat bawah.

Satu per satu calon menebar janji agar dipilih sebagai pemimpin. Puncaknya, mereka akan berebut kursi di pemilihan.

Terkait kekuasaan, Rasulullah Muhammad SAW pernah berpesan kepada umat Islam. Sabda tersebut diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Abdurrahman bin Samurah.

" Janganlah kamu meminta jabatan. Karena jika kemudian kamu diberi jabatan itu, maka kamu akan dibebaninya. Tetapi jika kamu diminta menjabat tanpa kamu memintanya, maka kamu akan dibantu."

Rasulullah juga pernah mengingatkan agar umat Islam tidak memiliki ambisi menjadi penguasa. Sebab konsekuensi berkuasa sungguh berat.

Peringatan itu tertuang dalam hadis riwayat Bukhari.

" Kalian berambisi menjadi penguasa, padahal itu bisa membuat kalian menyesal di hari kiamat kelak."

Selengkapnya...

Beri Komentar