Situs Pelabuhan Kuno Mekah Terungkap

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 2 November 2017 18:00
Situs Pelabuhan Kuno Mekah Terungkap
Di Mekah pernah ada pelabuhan bernama Al Sereen.

Dream - Situs sejarah yang selama ini menjadi misteri di Arab Saudi, Al Sereen, akhirnya ditemukan. Situs ini merupakan pelabuhan kuno di Mekah yang beroperasi sekitar abad ke-3 hingga ke-8 Masehi.

Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Arab Saudi (SCTH), sebagaimana dikutip Dream dari Arab News, menyatakan bahwa pelabuhan tersebut punya peran penting bagi masyarakat Mekah di masanya.

Situs Al Sereen mengacu pada dua lembah, Al Arj dan Elleib. Dua lembah ini sangat terkenal di Mekah sebagai lahan pertanian yang subur.

Meski begitu, kawasan ini mengandung banyak sekali peninggalan arkeologis yang mengisahkan sejarah masa pra-Islam.

Situs ini terletak 245 km di selatan Kota Mekah. Kawasan ini berada di titik perbatasan tiga wilayah Saudi yaitu Mekah, Baha dan Asir.

Wakil Presiden SCTH sekaligus supervisor Program Kepedulian Warisan Budaya Kerajaan Saudi, Ali Al Ghubban, menjelaskan situs Al Sereen ditandai oleh banyaknya tembikar retak. Barang-barang keramik tersebut didatangkan dari China sekitar 1000 tahun lalu.

Temuan ini menarik perhatian tim dari Departemen Kepurbakalaan China. Tim tersebut kemudian memantau langsung dan terkesan dengan temuan tersebut.

" Mereka terkesan dengan situs dan formasi arkeologis yang ada di sana. Mereka sangat berantusias untuk memulai survei dan eksplorasi lapangan," kata Al Ghubban.

Beri Komentar