Syubhat Penghalang Berhijab, Dosa atau Tidak?

Reporter : Vinda Prashita
Jumat, 7 Oktober 2016 10:01
Syubhat Penghalang Berhijab, Dosa atau Tidak?
Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah...

Dream - Tiap wanita yang belum berhijab mungkin pernah terbersit pada keyakinan untuk segera berhijab. Hal itu terkadang terhalang oleh ketetapan hati orang itu sendiri.

Dengan menjawab “ Demi Allah, saya belum mantap berhijab. Jika saya telah merasa mantap dengannya, saya akan berhijab, insya Allah”.

Lalu bagaimana syubhat seperti di atas itu di mata Allah? Syubhat sendiri tergolong menjadi dua. Yakni antara perintah Allah dan perintahnya manusia.

”Dari Abu Abdillah Nu'man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antarakeduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak."

Dalam konteks keyakinan pada manusia tersebut tidak ada dasar di dalam kitab, maka mereka tidak bisa dihukum karenanya. Namun jika perintah itu secara nyata tertulis pada kitab Allah, akan menyeretnya dalam bahaya yang sangat besar.

Seperti Firman Allah:

“ Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata” (Al-Ahzab: 36).

Allah Maha Mengetahui, sedang manusia tidak. Demikian pula halnya ketika Allah memerintahkan untuk menutupi auratnya, semata-mata untuk tercapainya kebahagiaan, kemuliaan, dan keagungan wanita.

(Ism, Sumber: Muslimah.or.id)


Kirimkan blog atau website kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin di-publish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

Beri Komentar