Fakta Soal Kemampuan Bayi Melihat Saat Masih dalam Rahim

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 12 September 2022 11:45
Fakta Soal Kemampuan Bayi Melihat Saat Masih dalam Rahim
Ketika bayi lahir, setiap inderanya sudah tumbuh meskipun belum bekerja optimal.

Dream - Panca indera bayi berkembang jauh sebelum bayi keluar dari rahim ibu. indera bayi berkembang secara bertahap selama masa kehamilan, yang memungkinkan janin untuk menjalin kontak dengan dunia luar.

Ketika bayi lahir, setiap inderanya sudah tumbuh meskipun belum bekerja optimal. Berikut seputar tentang hal yang dirasakan bayi di dalam kandungan, termasuk fakta soal perkembangan penglihatan bayi.

Apa yang Dirasakan Bayi Dalam Rahim?
Indera sentuhan merupakan indera pertama yang berkembang pada bayi dalam kandungan, dengan reseptor mulai terbentuk sejak minggu ke-delapan kehamilan. indera ini alat bertahan hidup yang digunakan si bayi untuk mengeksplor dunia ketika mereka lahir.

indera ini juga menjadi sangat penting untuk perkembangannya di rahim, dengan merasakan berbagai rangsangan. Reseptor membantu memberi sinyal kapan waktunya untuk mengembangkan sistem saraf bayi. Bayi tidak merasakan perasaan yang kompleks sebelum berumur 24 minggu.



1 dari 4 halaman

Bagaimana Bayi Bergerak dalam Rahim?

Bayi mulai membuat gerakan dalam kandungan sekitar minggu ke-sembilan. Pada usia 13 minggu, memungkinkan untuk bayi memasukkan ibu jarinya ke dalam mulut.
Lebih lanjut, gerakan sengaja otot pertama bayi terjadi sekitar minggu ke-16, pada waktu ini memungkinkan mereka bergerak 50 kali atau lebih dalam sejam. Pada minggu ke-37, bayi telah mengembangkan koordinasi yang cukup sehingga mereka dapat menggenggam dengan jari mereka.

Ibu hamil© Shutterstock

Bayi dapat melakukan gerakan aneh seperti menjilat dan berjalan di dinding rahim, dan memantul ke atas ke bawah ketika sang ibu tertawa. Pada minggu ke 29, sang ibu kemungkinan sudah bisa merasakan bayinya bergerak setidaknya 10 kali dalam satu jam, dan akan terasa lebih kuat seiring berkembangnya bayi.



2 dari 4 halaman

Apakah Bayi Tidur di Dalam Rahim?

Bayi dalam kandungan tidur sekitar 90% - 95% per-hari. Beberapa jam dihabiskan dengan tidur nyenyak, beberapa dengan tidur REM (rapid eye movement), dan beberapa dalam keadaan tak tentu. Beberapa ilmuwan bahkan mengatakan bahwa bayi dalam kandungan bermimpi saat tidur.

Hamil© Shutterstock

Apa yang Didengar Bayi Selama Kehamilan?
Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi kemungkinan mendengar detak jantung ibu pada usia 18 minggu. Bayi juga dapat mendengar suara yang mereka dengar secara rutin, seperti musik dan suara orang tertentu. Selain itu, bayi juga lebih suka mendengar suara orangtuanya, terutama yang sudah terfilter melalui cairan ketuban.

3 dari 4 halaman

Bisakah Bayi Merasa di Dalam Rahim?

Indera perasa bayi mulai berkembang sekitar usia 8 minggu, dan belum menggunakannya sampai usia 15 minggu. Pada waktu ini, mereka akan menelan cairan ketuban yang mengandung makanan yang dikonsumsi sang ibu, dan bayi dapat merasakan beberapa rasa yang kuat. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa pola makan sang ibu dapat memengaruhi kebiasaan bayi nantinya.

Apakah Bayi Bisa Melihat di Dalam Rahim?
Mata bayi akan berkembang pada usia 6 minggu, serta kelopak mata yang terbentuk sebulan kemudian dan selalu tertutup sampai sekitar 27 minggu. Pada minggu ke-31 mereka dapat mendeteksi dan merespon cahaya terang. Kemudian pada minggu-minggu terakhir kehamilan, bayi dapat memfokuskan pada objek besar dan melacak gerakan.

 

 

4 dari 4 halaman

Apa yang Dicium Bayi Selama Kehamilan?

Cek hamil© Shutterstock

Indera penciuman merupakan salah satu indera yang terlebih dahulu berkembang, dengan reseptor penciuman yang terbentuk pada usia 8 minggu kehamilan. Bayi akan mulai menggunakan indera penciuman saat bernapas dan menelan air ketuban. Setelah bayi lahir, indera penciuman akan terus berkembang dan mereka mudah untuk mengenali aroma sang ibu dan merasa nyaman di dekatnya.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Parents

Beri Komentar