Luangkan Waktu, 3 Skill Anak Ini Bisa Terasah Saat Main Bareng

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 21 Juli 2022 14:13
Luangkan Waktu, 3 Skill Anak Ini Bisa Terasah Saat Main Bareng
Banyak orangtua yang memang sibuk, tapi sebenarnya meluangkan waktu untuk anak sangatlah penting

Dream - Keberhasilan anak tidak lagi ditentukan pada nilai-nilai akademis semata. Melainkan pada kemampuan dalam mengambil keputusan, kreativitas, memecahkan masalah, juga karakter positif lainnya.

Sebagai orangtua pastinya ingin membimbing anak-anaknya untuk dapat memiliki potensi dan karakter terbaik. Faktanya, banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh orangtua.

Mulai dari anak yang cenderung kecanduan gadget hingga sibuknya orangtua yang menghambat komunikasi.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Banyak orangtua yang memang sibuk, tapi sebenarnya meluangkan waktu untuk anak sangat penting, kita harus memberi kesempatan untuk bermain bersama anak dengan kreatif,” ujar Amanda Abel, Pediatric Psychologist dalam Bahasa Inggris pada acara virtual Lego Duplo Academy, Rabu 20 Juli 2022.

 

1 dari 4 halaman

Jadikan Bermain Sebagai Rutinitas

Amanda menambahkan sebaiknya lakukan kegiatan bermain bersama anak setiap hari sebagai rutinitas. Bisa juga buat waktu spesifik, dan pilih permainan yang kreatif.

Karena, kurangnya bonding antara anak dan orangtua juga bisa mempengaruhi karakter si anak. Anak mungkin menjadi kurang berani mengambil keputusan dan sulit beradaptasi.

Sebelum terlambat, berikut skill yang harus diasah pada anak agar mereka bisa menemukan potensinya dan mudah berkarya. Kemampuan-kemampuan ini tidak dapat terbentuk dalam waktu singkat, jadi lebih baik dilakukan sejak dini.

 

2 dari 4 halaman

Mengasah Kemampuan Problem Solving

Shutterstock© Shutterstock

Orang tua dapat mengasah kemampuan memecahkan masalah pada anak dari hal-hal kecil dalam kegiatan bermain. Seperti menyusun mainannya menjadi sebuah kesatuan.

“ Penting sekali untuk memilih kegiatan yang bisa memancing otak anak berkembang dan terbiasa memecahkan masalah,” kata Abel.

 

3 dari 4 halaman

Terapkan ‘Jangan Takut Salah’

Biarkan anak lakukan kesempatan untuk melakukan eksplorasi pada banyak hal. Buat anak tidak takut mencoba dan melakukan sebuah kesalahan.

" Ketika anak berbuat kesalahan, anak bisa belajar dari situ, dan kesalahan bukan selalu buruk, kita mengajarkan ke anak untuk tidak masalah saat membuat kesalahan dan selanjutnya anak akan dituntut lebih kreatif untuk mencari solusinya,” kata Abel.

Jadi kesalahan dalam permainan kreatif akan menjadi pelajaran yang berharga bagi anak.

 

4 dari 4 halaman

Kreativitas

Kreativitas menjadi fondasi agar anak lebih berani untuk berekspresi. Keterampilan ini bisa menjadi modal untuk kesuksesan anak di masa depan.

Pilih mainan yang bisa menyalurkan kreativitasnya dan juga anak bisa bebas berencana. Bermain lego salah satunya.

Saat bermain lego, anak bisa membuat perencanaan akan membuat apa. Dan dia juga akan bebas berkreativitas.

Beri Komentar