Skor IQ 162, Bocah 11 Tahun Asal Inggris Kalahkan Stephen Hawking

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 17 November 2022 16:24
Skor IQ 162, Bocah 11 Tahun Asal Inggris Kalahkan Stephen Hawking
Ia menjalani tes Menza untuk pertama kali dan hasilnya mengjutkan.

Dream - Penilaian intelektual seseorang bisa diketahui melalui tes Intelligence Quotients (IQ). Seorang bocah asal Inggris berusia 11 tahun baru saja melakukan tes IQ pada November 2022 dan hasilnya mengejutkan.

Angkanya mencapi 162, yang merupakan kategori jenius. Angka tersebut disebutkan sampai mengalahkan seorang fisikawan legendaris, Stephen Hawking. Bocah dengan IQ tinggi tersebut Yusuf Shah.

Ia selama ini bersekolah Sekolah Dasar Wigton Moor, Leeds, Inggris. Ia mencetak skor tes Mensa tertinggi untuk orang di bawah 18 tahun, hal secara otomatis menempatkannya di satu persen orang di dunia dengan IQ tertinggi.

" Semua orang di sekolah menganggap saya sangat pintar dan saya selalu ingin tahu apakah saya berada di dua persen teratas dari orang yang mengikuti. Rasanya istimewa memiliki sertifikat untuk saya dan tentang saya," kata Yusuf.

1 dari 4 halaman

Shah yang tinggal bersama saudara laki-lakinya Zaki dan Khalid, ibunya Sana dan ayahnya Irfan, merayakan prestasinya bersama keluarganya di sebuah restoran. Yusuf berharap dengan modal kepintarannya itu kelak bisa berkuliah jurusan Matematika di Oxford atau Cambridge.

Yusuf© Youtube WION

“ Saya sangat bangga. Dia adalah orang pertama yang mengikuti tes Mensa dalam keluarga. Saya sebenarnya juga sedikit khawatir – dia pergi ke aula yang penuh dengan anak-anak untuk mengikuti tes. Kami pikir dia mungkin diintimidasi, tapi dia melakukannya dengan cemerlang," kata Sana, sang ibu.

Untuk diketahui, Mensa adalah asosiasi untuk orang-orang yang mendapat skor dalam persentil ke-98 atau lebih tinggi pada tes IQ standar. Yusuf melakukan tes yang digelar Mensa dengan hasil skor IQ-nya luar memang di atas rata-rata.

Sumber: NextShark

2 dari 4 halaman

Bocah 2 Tahun Jadi Anggota Termuda Mensa, Organisasi IQ Tinggi

Dream - Usia 2 tahun biasanya anak baru belajar berbicara dan mengenal benda-benda di sekitarnya. Tak demikian dengan dengan Kashe Quest. Anak perempuan yang tinggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat ini di usia 2 tahun, sudah jadi anggota Mensa.

Mensa merupakan organisasi untuk orang-orang yang mempunyai IQ tinggi. Syarat satu-satunya untuk menjadi anggota Mensa adalah calon anggota mesti berada di 2% peringkat teratas dalam ujian kepandaian yang telah disetujui.

Menurut Fox 11 Los Angeles, Quest memiliki IQ 146 dan dia dapat menghitung sampai 100, mengidentifikasi semua 50 negara bagian berdasarkan bentuknya, dan sudah belajar bahasa Spanyol, Inggris, dan bahasa isyarat. Ibu Kashe, Sukhjit Athwal mengatakan bahwa dia mulai memperhatikan bahwa ingatan putrinya sangat bagus sejak awal dan pada usia 18 bulan.

Kashe Quest© Instagram Kashe Quest

" Dia telah mengenali semua alfabet, angka, warna, dan bentuk," kata Athwal.

Menurut sang ibu, fakta bahwa IQ Kashe sangat tinggi, tak membuat dirinya terobsesi. Justru Athwal ingin menjaga putrinya itu memiliki masa kecil yang bahagia.

“ Saya pikir salah satu hal terbesar adalah memastikan dia memiliki masa kecil dan kami tidak memaksakan apa pun padanya. Kami mengikuti langkahnya dan kami hanya ingin memastikan dia menikmati masa kecilnya," ungkap Athwal.

3 dari 4 halaman

Kecenderungan yang Muncul Pada Anak dengan IQ Tinggi

Dream - Pemeriksaan IQ (Intelligence Quotient) biasanya dilakukan jelang masuk sekolah untuk mengetahui kemampuan anak secara detail. Prosesnya dilakukan oleh psikolog, begitu juga analisis dan penjelasan detailnya.

Tak hanya untuk mengetahui level IQ tapi bisa juga kelemahan dan kelebihannya. Memang, hanya dengan tes tersebut kita bisa mengetahui angka persis IQ si kecil, meski demikian ada kecenderungan lain yang bisa dilihat pada anak yang memiliki IQ tinggi.

Dikutip dari KlikDokter, ada beberapa hal yang yang bisa diperhatikan orangtua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Apa saja?

1. Cara Anak Berkomunikasi
Dijelaskan oleh psikolog Gracia Ivonika, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain. Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak mau pun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian.

“ Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespons, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” kata Gracia.

2. Anak Lahir dengan Berat Badan Besar
Melansir dari NewsCom AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir. Hasil penelitian menunjukan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan besar memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi daripada bayi dengan berat badan rendah.

 

4 dari 4 halaman

Cepat Belajar Hal Baru

3. Mudah Menguasai Bahasa Asing
Menurut laporan ilmiah dari Child Development, anak yang menguasai bahasa asing di usia 12-24 bulan menandakan bahwa ia memiliki ingatan atau memori yang baik. Hal itu juga merupakan tanda bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi. Oleh karena itu, orangtua bisa membangun kecerdasan anak sejak dini dengan memperkenalkan bahasa asing sejak usia kecil di atas satu tahun.

4. Cepat Mempelajari Hal Baru
Suka mencoba hal baru dan memiliki sifat yang pantang menyerah bisa menjadi indikasi bahwa anak memiliki kecerdasan yang tinggi. “ Dilihat dari keseharian juga, anak tampak secara akademis performanya lebih unggul dari anak-anak di kelasnya. Cepat juga mempelajari hal baru. Kreatif dalam menemukan alternatif pemecahan masalah sehari-hari,” kata Gracia.

Selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar