7 Makanan Sehat yang Ampuh Memperlambat Penuaan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 1 Agustus 2019 09:12
7 Makanan Sehat yang Ampuh Memperlambat Penuaan
Dengan rutin mengonsumsi 7 makanan ini bisa mencegah tanda-tanda penuaan di kulit.

Dream - Makanan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya organ dalam saja, tapi juga bagian terluar tubuh, yaitu kulit.

Kulit menjadi bagian tubuh pertama yang dapat menunjukkan terjadinya masalah dalam organ dalam. Misalnya saja penuaan yang terjadi seiring bertambahnya usia, fungsi organ dalam akan menurun, disertai dengan kendurnya kulit.

Tanda-tanda penuaan bisa dilihat dengan mudah lewat kulit, apabila muncul garis halus, kerutan dan kulit nampak kusam di usia yang tegolong masih muda, bisa dikatakan kalau orang tersebut mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan, baik penuaan karena usia maupun penuaan dini. Seperti pemakaian lotion atau produk perawatan kulit, atau bisa juga dengan mengonsumsi menu makanan sehat berikut ini.

1 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Selada Air

 Makanan Sehat© Pixabay

Salah satu sayuran yang menjadi bahan makanan sehat yang dapat mencegah penuaan ialah selada air. Kandungan nutrisi dalam selada air tidak tanggung-tanggung, seperti:
-    Kalsium
-    Potassium
-    Mangan
-    Fosfor
-    Vitamin A, C,K, B1 dan B2

Karena kandungan nutrisi inilah, selada air sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit sebagai zat antiseptik dan dapat meningkatkan sirkulasi serta penyaluruan mineral yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam selada air juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan pada kulit.

Ada banyak menu makanan yang bisa dibuat dari sayuran yang satu ini, seperti salad, tumis, dan taco.

2 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Paprika Merah

 Makanan Sehat© Pixabay

Selain selada air, paprika merah juga mengandung antioksidah yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yang dapat meningkatkan produksi kolagen, paprika merah bisa dijadikan bahan tambahan untuk menu makanan sehat yang lezat.

Paprika merah juga mengandung karotenoid, pigmen dalam tubuhan yang mampu membuat warna merah, kuning dan orange pada sayuran atau buah. Karotenoid ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang banyak ditemukan pada paprika merah.

Karotenoid juga mengandung zat anti peradangan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, polusi, dan racun lingkungan yang tidak sehat bagi kulit.

Paprika merah dapat diolah menjadi makanan sehat berupa salad sayur, tumis, dan campuran menu makanan lainnya.

3 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Buah Pepaya

Kalau dua makanan sehat sebelumnya termasuk dalam jenis sayuran, makanan sehat yang satu ini termasuk dalam jenis buah tropis yang menyegarkan. Selain rasanya yang manis, buah pepaya juga kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.

 Makanan Sehat© Pixabay


Kandungan nutrisi dalam buah pepaya juga dapat mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan seperti garis halus, dan kerutan pada kulit. Salah satu kandungan nutrisi yang hanya bisa diperoleh dari buah pepaya ialah, enzim papain, yang dikenal sebagai enzim anti peradangan alami yang ampuh.

Pepaya menjadi makanan sehat yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit dengan mengonsumsinya secara rutin. Bahkan, buah pepaya bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak atau dibuat salad terlebih dahulu.

4 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Blueberry

 Makanan Sehat© Pixabay

Buah blueberry memiliki kandungan vitamin A dan C yang banyak, yang mana dua jenis vitamin ini mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Nama antioksidan yang terkandung dalam blueberry adalah antosianin, yang juga menjadi zat alami pemberi warna biru gelap pada blueberry.

Kandungan antioksidan tersebut mampu membantu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit, mengurangi stres dan melindungi kulit dari polusi yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit, serta mengurangi produksi kolagen pada kulit.

Buah blueberry bisa langsung dikonsumsi atau juga bisa ditambahkan dalam beberapa menu makanan sehat lain seperti, yogurt, salad buah, es krim dan lain sebagainya.

5 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Brokoli

 Makanan Sehat© Pixabay

Banyak makanan sehat yang berguna untuk mencegah tanda-tanda penuaan mengandung zat anti peradangan. Seperti sayur brokoli yang juga mengandung nutrisi seperti:
-    Vitamin C dan K
-    Berbagai jenis antioksidan
-    Serat
-    Folat
-    Lutein
-    Kalsium

Nutrisi yang terkandung dalam brokoli ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan dapat meningkatkan kekencangan dan keelastisan kulit. Kulit yang kencang dan elastis tentu dapat mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

6 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Bayam

Hampir sama dengan brokoli, sayur bayam juga mengandung banyak antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Kandungan berbagai jenis vitamin, magnesium, lutein dan zat besi alami membuat bayam menjadi makanan sehat yang wajib dicoba.

 Makanan Sehat© Pixabay

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada sayuran hijau ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit agar tetap lembut. Untuk bisa menikmati bayam, bisa dengan mengolahnya menjadi sayur, salad atau jenis makanan sehat lainnya.

7 dari 7 halaman

Makanan Sehat dari Kacang-kacangan

 Makanan Sehat© Pixabay

Makanan sehat terakhir yang bermanfaat mencegah tanda-tanda penuaan ialah segala jenis kacang-kacangan, khususnya kacang almond. Kacang menjadi salah satu sumber makanan sehat yang kaya akan vitamin E.

Vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit, mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, melembabkan kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak omega-3 yang dapat memperkuat membrane sel kulit dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya. (mut)

Sumber: Healthline

Beri Komentar