Coba 10 Makanan Sehat Ini, Ampuh Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Sabtu, 12 Oktober 2019 15:02
Coba 10 Makanan Sehat Ini, Ampuh Tingkatkan Kesehatan Tubuh
Konsumsi makanan ini secara teratur bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar, lho.

Dream - Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan. Seperti olahraga rutin dan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu hal terpenting dalam pola hidup sehat ialah konsumsi makanan yang sehat pula.

Dari sekian banyak jenis makanan, tidak semuanya mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Tapi, ada beberapa makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik, dan ampuh meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal.

Makanan ini sangat dekat dengan kita, tapi kadang kita samakan dengan makanan lain. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh selain mampu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Seperti mencegah kanker, menurunkan risiko diabetes hingga mengatasi masalah jantung.

Sahabat Dream bisa mengonsumsi makanan ini secara rutin dan teratur. Berikut 10 makanan sehat tersebut: 

1 dari 5 halaman

Makanan Sehat Sayuran Hijau

1. Brokoli

Sayuran satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Seperti kandungan vitamin K, asam lemak omega-3, vitamin C, serat, kromium dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Konsumsi brokoli secara rutin dapat melindungi kesehatan jantung, mempertahankan berat badan normal dan menjaga saluran pencernaan.

Brokoli juga mengandung antioksidan yang bertugas melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Makanan Sehat© Pixabay


2. Selada

Selada memiliki banyak jenis, salah satunya selada romaine yang memiliki bentuk seperti sawi putih. Selada jenis ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin K yang tinggi dan betakaroten.

Dua kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, pembekuan darah, mencegah serangan jantung dan menjaga aliran darah.

2 dari 5 halaman

Makanan Sehat Wortel dan Labu

3. Wortel

Tidak hanya sayuran hijau saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Wortel menjadi salah satu sayuran sumber vitamin A.

Selain dikenal baik untuk kesehatan mata, kandungan karoten dan antioksidannya, mampu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Makanan Sehat© Pixabay


Sahabat Dream bisa mengonsumsi wortel setiap hari, kalau tidak bosan. Bisa ditambahkan dalam sayur, atau bisa juga dimakan mentah, asal sudah dicuci dengan bersih.

4. Labu Kuning

Selain wortel, labu kuning juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat lebih dari 20 nutrisi berbeda, mulai dari fitonutrien dan zeaxantin yang hanya ditemukan di labu kuning saja.

Kandungan ini bermanfaat melindungi tubuh dari stres oksidatif, melindungi sel otak dan pembuluh darah dari peradangan.

3 dari 5 halaman

Makanan Sehat Kacang dan Beras

5. Kacang Almond

Kalau jenis kacang satu ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tubuh. Almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Indeks glikemik almond yang rendah, efektif mengurangi risiko diabetes dan ateroklerosis.

Almond juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. Kacang almond cocok dijadikan camilan sehari-hari nih.

Cara Hidup Sehat© Pixabay


6. Beras Merah

Selain warnanya berbeda, beras merah juga memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda dengan beras putih biasanya. Dalam beras merah, terdapat kandungan vitamin dan mineral utuh, belum lagi kandungan selenium, tembaga, serat, mangan, dan sianin.

Semua kandungan tersebut efektif untuk meningkatkan energi tubuh, merangsang pelepasan kolesterol, memproduksi hormone dan menurunkan risiko diabetes.

4 dari 5 halaman

Makanan Sehat Buah-buahan

7. Buah Apel

Ada dua jenis buah yang dianggap seperti makanan super dengan kandungan nutrisi melimpah dan baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah buah apel. Buah ini mengandung antioksidan polifenol dan fitonutrien fenolik.

Kandungan tersebut ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang sehat, maka masalah pencernaan dan berat badan bisa diatasi dengan baik.

Makanan Sehat© Pixabay


8. Buah Nanas

Satu lagi buah yang menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu nanas. Banyak yang menganggap nanas sebagai buah yang berbahaya bagi ibu hamil. Walau begitu, nanas memiliki nutrisi bermanfaat, dan baik dikonsumsi oleh siapa saja, asal tidak berlebihan.

Di dalam buah nanas terdapat kandungan enzim pencerna protein, antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Seluruh kandungan ini efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, mengurangi risiko kanker dan peradangan berlebih.

5 dari 5 halaman

Makanan Sehat Daging Hewan

9. Daging Salmon

Tidak hanya sayur dan buah dari tumbuhan saja yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Daging juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu daging yang menyimpan banyak nutrisi dan manfaat adalah daging salmon liar.

Di dalam ikan salmon terkandung vitamin B12, lemak omega-3, protein, yodium, kolin dan vitamin D. Nutrisi ini bermanfaat utnuk meningkatkan kesehatan tulang, aliran darah dan melindungi tubuh dari serangan kuman bakteri.

Makanan Sehat© Pixabay


10. Ayam Ternak Organik

Berbeda dengan ayam ternak pada umumnya, ayam ternak organik dirawat dengan dibiarkan berkeliaran di rerumputan dan tidak membiarkannya di kandang saja.

Nutrisi yang terkandung dalam ayam ternak organik ini lebih banyak dibanding ayam ternak biasa. Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 sangat baik utnuk kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.


(ism, Sumber: Chair Food)

Beri Komentar