Video Andien Sholat Gendong Anak Dikritik, Ini Pembelaan Suami

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 9 Januari 2018 14:47
Video Andien Sholat Gendong Anak Dikritik, Ini Pembelaan Suami
Suami Andien menanggapi Netizen soal alasan Andien melakukan sholat sambil menggendong anak.

Dream - Putra pertama pasangan penyanyi Andien dan Irfan Wahyudi, Anaku Askara Biru baru saja merayakan ulang tahun pertamanya pada Minggu 7 Januari 2018. Di momen bahagia itu, Andien mengabadikan sebuah video diiringi lagu yang menceritakan kecintaannya kepada putranya yang disapa Kawa dalam akun instagramnya.

" #AnakuAskaraBiru lahir 7 Januari 2017, pukul 16.45. Hari ini, di waktu yang sama setahun berikutnya.. Terimalah kado kecil dari kami," tulis Andien pada video tersebut, diakses Dream, Selasa 9 Januari 2018.

Video berdurasi satu menit itu berisi cuplikan potongan video perjalanan Kawa sejak masih dalam kandungan hingga berusia setahun. Momen kedekatan Andien dan suami tergambar jelas dalam video tersebut.

Namun salah satu potongan video tersebut menyita perhatian netizen. Dalam video terlihat Andien yang tengah menjalankan sholat sambil menggendong Kawa.

Netizen menilai cara sholat yang dilakukan Andien tidak patut karena sambil menggendong putranya. Netizen menyarankan wanita artis 32 tahun itu seharusnya menenangkan sang buah hati terlebih dahulu agar bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan khusyu. 

" Wealah salat kok seperti itu, mbok ya anaknya ditenangin dulu. Salat 5 menit juga kelar yang terpenting khusyuk kalau seperti itu saya sangsi si mbak bisa khusyuk salatnya," tulis akun @angga_anggraeni85.

Andien Sholat© Instagram

Tak hanya Andien, netizen juga mengomentari orang yang merekam video Andien saat sholat tersebut.

" Terhalu nontonnya saya mbake lihat mbake salat bawa anak pakai sempat video-in atau malah ada orang yang video-in bukan jagain anaknya. Mau dikata apa sih?"  komentar @lionshearty.

Melihat sang istri mendapat kritik wargenet, sang suami Irfan Wahyudi memberi tanggapan melalui akun @cyclonesia.

 

1 dari 2 halaman

Jawaban Sang Suami

" Saya yg videoin mbak. Kawa nya lagi gak mau digendong sama siapapun selain sama ibunya. Saya pengen aja merekam semua ini dan ini penting buat kehidupan kami. Memang gak penting buat di kehidupan anda kok :)." kata @cyclonesia.

Andien Sholat© Instagram

Suami Andien dalam unggahannya menambahkan jika pihak yang paling mengetahui situasi saat sang istri sholat adalah keluarganya sendiri. Keputusannya untuk menjawab kritikan tersebut karena Irfan berusaha untuk melindungi keluarganya. 

:@lionshearty maaf mbak. Yang tau situasinya kan hanya kami sekelurga. Kenapa saya balas komen anda? Ini urusan keluarga saya, dan keluarga saya yg terdepan. Kalau mau membicarakan ini, saya dengan sangat senang hati bertemu anda mbak. Saya memang gak bisa balas satu persatu. Tp insyaallah, saya juga mendoakan mereka di dalam shalat saya.

 

2 dari 2 halaman

Dibela Netizen

Di bagian lain, netizen pemilik @Orion88_ menimpali para kritikan tersebut dengan mengatakan jika cara Andien sholat dengan menggendong anaknya juga pernah dilakukannya. Dia mengaku terpaksa melakukannya karena sang buah hati tak mau digendong siapapun selain oleh ibunya.

" @lionshearty @angga_anggraeni85 Mbak, saya juga pernah ada di posisi itu. Anaknya gamau digendong siapapun selain ibunya. Ditaro atau digendong orang nangis kejer. Sedangkan kondisinya waktu sholat makin mepet. Ya, kadang ada kondisi ga tega ngebiarin anak ngeraung2 meski cuma 10 menit. Di Islam kan memang ada keringanan boleh sholat sambil menggendong anak. Ini karena Islam paham kebutuhan anak, yang kadang butuh dipeluk atau digendong segera. Dan dengan kemudahan itu juga, kita tetap bisa sholat segera. Gimana pun kan pengennya ga sholat mepet2 akhir waktu ya. Dan soal khusyuk atau ga, saya kira kita ga bisa nilai orang lain. Wallahua'lam.. soal divideoin dan di share, ya hak masing2, niatnya kembali ke masing2," tulisnya.

Dia menambahkan jika cara yang dilakukan Andien merupakan salah satu alternatif yang diberikan Islam dan seorang muslim boleh memanfatkannya.

" No offense ya mba.. cuma mau bilang klo itu salah satu alternatif yg diberikan islam dan kita boleh memanfaatkannya. Allah senang kok klo kita memanfaatkan keringanan yg diberikan-Nya."

Mendapat balasan tersebut, netizen pemilik akun angga_anggraeni85 jujur mengaku jika pengetahuan itu baru diperolehnya.

" Oh gt mba jujur sy baru tau... kembali lg lillahita'ala hanya org yg bersangkutan yg tau maksud dan tujuan merekam dan meng share adegan tersebut 😊 trima ksh atas pengalamannya, Alhamdulillah ilmu sy smakin bertambah dan smoga sy terhindar dr penyakit ain,"  tulisnya.

Sementara Andien lewat unggahannya mengucap terima kasih kepada netizen yang sudah memberikan doa untuk putranya. Dia berharap doa yang dilantunkan akan mendapat balasan ribuan kali lipat. 

" Makasih banyak semuanya doanya... Maaf nggak bisa balas satu persatu. Semoga doanya diijabah ama Allah SWT, dan yang jelas semoga segala doa kalian berbalik beribu kali lipat untuk keluarga kalian ❤️🙏🏻 Semoga damai, cinta, dan bahagia selalu untuk kalian," tulis Andien lewat akun @andienaisyah.

 

Beri Komentar