Baca Doa Saat Menjenguk Perempuan Sakit, 70 Ribu Malaikat Turut Mendoakan

Reporter : Arini Saadah
Minggu, 5 Juni 2022 18:00
Baca Doa Saat Menjenguk Perempuan Sakit, 70 Ribu Malaikat Turut Mendoakan
Menurut hadis Rasulullah Saw, menjenguk orang sakit adalah bagian dari ibadah yang mendatangkan banyak pahala.

Dream – Baik laki-laki maupun perempuan, jika sedang sakit sebaiknya didoakan. Membaca doa untuk perempuan sakit adalah bentuk permohonan kepada Tuhan agar penyakitnya segera diangkat.

Membaca doa untuk orang yang sedang sakit juga menjadi bentuk rasa empati kepada sesama. Mendoakan orang sakit juga kerap dilakukan oleh Rasulullah Saw selama hidupnya. Bahkan beliau Saw sering menjenguk orang yang sakit untuk mendoakannya agar lekas sembuh.

Banyak bacaan doa yang bisa Sahabat Dream panjatkan untuk mendoakan orang yang sakit. Salah satunya doa untuk orang sakit perempuan yang akan Dream paparkan berikut ini.

1 dari 5 halaman

Anjuran Menjenguk Orang Sakit

Jika saudara sesama manusia sedang sakit, dianjurkan kepada kaum Muslim untuk menjenguk dan mendoakan kesembuhannya. Menjenguk orang sakit dan memohon kepada Allah atas kesembuhannya adalah hal yang sangat mulia.

Menurut ajaran Islam, menjenguk orang sakit adalah bagian dari ibadah yang mendatangkan pahala. Sebagaimana sabda Rasulullah saw berikut:

“ Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Senada dengan hal itu, hadis lain juga menjelaskan tentang betapa mulianya orang yang menjenguk orang sakit. Karena menjenguk orang sakit adalah hak dari seorang Muslim kepada Muslim yang lainnya. Berikut keterangan hadisnya:

“ Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam. Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “ Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR. Muslim)

2 dari 5 halaman

Pertama: Doa untuk Orang Sakit Perempuan

Dikutip Dream dari laman NU Online, Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar mengutip sejumlah riwayat tentang kisah Rasulullah Saw saat menjenguk sahabatnya yang sedang sakit. Dikisahkan Rasulullah Saw membacakan doa kesembuhan untuk sahabatnya dengan berbagai lafal doa. Salah satunya doa untuk orang sakit perempuan, berdasarkan hadis yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra berikut ini:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا  

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:

“ Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

3 dari 5 halaman

Kedua: Doa untuk Orang Sakit Perempuan

Selain bacaan doa di atas, ada pula bacaan doa meminta kesembuhan untuk orang lain dalam riwayat hadis yang lain. Bacaan doa di bawah ini pernah dibaca oleh ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.   

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.”

4 dari 5 halaman

Ketiga: Doa untuk Orang Sakit Perempuan

Masih dalam kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi, dalam riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah Saw menganjurkan membaca doa untuk orang sakit perempuan berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Doa untuk orang sakit perempuan berikut ini dibaca agar Allah segera mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ  

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka. 

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan 'arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

5 dari 5 halaman

Keempat: Doa untuk Orang Sakit Perempuan

Membaca doa untuk perempuan sakit bisa dilakukan dengan menyebut namanya secara langsung. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah Saw saat menjenguk sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا  

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. 

Artinya:

“ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad (ganti dengan nama orang yang kamu doakan). Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Itulah bacaan doa untuk orang sakit perempuan dan laki-laki yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Jika kamu menjumpai sahabat atau kerabatmu yang sedang sakit, bacakanlah doa-doa di atas. Dengan membaca doa meminta kesembuhan untuk orang lain di atas, semoga Allah Swt segera mengangkat penyakit yang diderita seseorang.

 

Beri Komentar