Doa Ketika Mimpi Buruk yang Menakutkan, Insya Allah Hati Kembali Tenang

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 1 Juni 2022 18:01
Doa Ketika Mimpi Buruk yang Menakutkan, Insya Allah Hati Kembali Tenang
Rasulullah Saw mengajarkan bacaan doa ketika didatangi mimpi buruk.

Dream - Mimpi merupakan salah satu fenomena psikologis yang kerap dialami manusia. Mimpi juga sering dianggap sebagai bunga tidur yang kedatangannya kadang seperti nyata.

Bahkan mimpi bisa berpengaruh kepada kondisi kejiwaan seseorang. Sebab mimpi yang baik akan membawa ketenangan dan kebahagiaan bagi hidup. Sedangkan mimpi buruk akan membuat tidur tidak nyaman dan jiwa tidak tenang.

Mimpi buruk yang menakutkan seringkali membuat seseorang terbangun dari tidurnya. Ketika bangun, tubuh pun terasa lelah dan jantung berdegup kencang.

Doa ketika mimpi buruk dibaca saat mengalami hal tersebut. Dengan membaca doa ketika bangun dari mimpi buruk ini hati akan kembali tenang. Tentu saja dengan keyakinan bahwa Allah SWT akan senantiasa melindungi hamba-Nya yang berdoa.

Berikut bacaan doa ketika mimpi buruk yang menakutkan agar hati kembali tenang.

1 dari 3 halaman

Doa Ketika Mimpi Buruk

Rasulullah Saw mengajarkan banyak hal kepada umatnya tentang menyikapi berbagai fenomena kehidupan, termasuk mimpi. Salahs atu cara untuk menyikapinya adalah dengan membaca doa.

Doa ketika mimpi buruk diajarkan Rasulullah Saw kepada umatnya melalui hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At Tirmidzi. Berikut bacaan doa ketika mimpi buruk yang diajarkan Rasulullah Saw:

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit-taammati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibadihi wamin hamazatis-syayatini wa an-yahdhuruni.

Artinya:

“ Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

2 dari 3 halaman

Doa Ketika Mimpi Buruk Lainnya

Sementara itu, masih ada doa yang bisa dibaca ketika mimpi buruk. Dikutip dari Bincang Syariah, doa ketika mimpi buruk berikut ini berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al Mushannaf.

اخبرنا ابن عون عن ابراهيم النخعي : كان اذا راى في منامه ما يكره قال : اَعُوْذُ بِاللهِ بِمَا عَاذَتْ بِهِ مَلاَئِكَةُ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتُ فِيْ مَنَامِيْ اَنْ يُصِيْبَنِيْ مِنْهُ شَيْئٌ اَكْرَهُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ

Artinya:

" Memberitahukan kepada kami Ibnu Aun, dari Ibrahim Al-Nakha’i, bahwa ketika beliau bermimpi sesuatu yang dia tidak sukai, dia mengucapkan; A’uudzu billaahi bimaa ‘aadzat bihii malaa-ikatullaahi wa rosuulihii min syarri maa ro-aitu fii manaamii an yushiibanii minhu syai-un akrohuhuu fiddunyaa wal aakhiroti."

Dari riwayat tersebut, jelas bahwa bacaan doa ketika mimpi buruk adalah sebagai berikut:

اَعُوْذُ بِاللهِ بِمَا عَاذَتْ بِهِ مَلاَئِكَةُ اللهِ وَرَسُوْلِهِ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتُ فِيْ مَنَامِيْ اَنْ يُصِيْبَنِيْ مِنْهُ شَيْئٌ اَكْرَهُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ

A’uudzu billaahi bimaa ‘aadzat bihii malaa-ikatullaahi wa rosuulihii min syarri maa ro-aitu fii manaamii an yushiibanii minhu syai-un akrohuhuu fiddunyaa wal aakhiroti.

Artinya:

“ Aku berlindung kepada Allah dengan sesuatu yang para malaikat Allah dan utusan-Nya berlindung, dari keburukan apa yang aku lihat di dalam tidur, agar tidak menimpa kepadaku sesuatu yang aku tidak sukai di dunia dan akhirat."

3 dari 3 halaman

Doa Sebelum Tidur

Itulah bacaan doa ketika mimpi buruk yang menakutkan. Agar tidak mengalami mimpi buruk, Sahabat Dream bisa berusaha mencegahnya dengan membaca doa sebelum tidur. Berikut bacaan doa sebelum tidur yang paling umum dibaca:

بِاسْمِكَاللهُمَّأَحْيَاوَأَمُوْتُ

Bismikallahumma ahya wa amuut.

Artinya:

“ Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Selain membaca doa sebelum tidur, untuk menghindari mimpi buruk kamu juga bisa menambahkan dzikir dan bacaan ayat Alquran seperti ayat kursi, surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas.

Sebenarnya masih banyak doa sebelum tidur lainnya yang bisa diamalkan untuk mencegah terjadinya mimpi buruk. Selain mengatasinya dengan doa ketika mimpi buruk, kamu juga bisa mencegah mimpi buruk dengan menanamkan pikiran positif sebelum tidur.

Selain itu kamu bisa datang ke psikolog untuk mendapatkan terapi pengobatan agar mimpi buruk yang kerap mengganggu itu bisa segera diatasi.

Beri Komentar