Doa Setelah Sholat Hajat Disertai Bacaan Dzikirnya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 21 Oktober 2022 09:55
Doa Setelah Sholat Hajat Disertai Bacaan Dzikirnya
Baca doa setelah sholat hajat sembari mengungkapkan segala hajat.

Dream - Sholat hajat merupakan amalan sunnah yang dipanjatkan kaum Muslim untuk mengungkapkan hajat atau keinginannya kepada Allah Swt. Sholat hajat juga bisa menjadi perantara doa-doanya terkabul.

Setiap orang tentu memiki keinginan, baik itu mencangkum urusan sekolah, karier, hingga keluarga. Dalam mencapai keinginannya, seseorang dianjurkan untuk berusaha dan selalu mengiringinya dengan doa setelah sholat hajat. Memanjatkan doa kepada Allah Swt bagi umat Muslim merupakan ikhtiar agar hajat dikabulkan.

Tak hanya berdoa, umat Muslim juga sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat. Sholat hajat dilaksanakan sebagai permohonan kepada Allah Swt agar segala hajatnya dikabulkan.

Tata cara sholat hajat sebetulnya tak terlalu berbeda dengan sholat sunnah lainnya. Dengan mengetahuinya, kita berharap permohonan yang disampaikan dalam sholat hajat akan segera dikabulkan oleh-Nya. Setelah melaksanakannya, bacalah doa setelah sholat hajat sembari mengungkapkan segala hajatnya. Simak bacaan doa setelah sholat hajat berikut ini:

1 dari 6 halaman

Urutan Doa Setelah Sholat Hajat

Berikut urutan doa setelah sholat hajat yang bisa kamu panjatkan:

1. Membaca Al- fatihah

Bertawassul dengan memberikan hadiah bacaan Al-Fatihah kepada Rasulullah dan keluarganya, para sahabat, para ulama, para guru, orang tua dan semua umat muslim.

2. Membaca Surat Al-Quran

Setelah itu membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, Surat An-Naas dan Ayat Kursi. Masing-masing sebanyak 3 kali.

2 dari 6 halaman

3. Membaca Doa Setelah Sholat Hajat

لَاإِلَهَإِلَّااللهُالحَلِيْمُالكَرِيْمُ،سُبْحَانَاللهِرَبِّالعَرْشِالعَظِيْم،الحَمْدُلِلَّهِرَبِّالعَالَمِيْنَ،أَسْأَلُكَمُوْجِبَاتِرَحْمَتِكَ،وَعَزَائِمَمَغْفِرَتِكَ،وَالغَنِيْمَةَمِنْكُلِّبِرٍّ،وَالسَّلَامَةَمِنْكُلِّإِثْمٍ،لَاتَدَعْلِيذَنْبًاإِلَّاغَفَرْتَهُ،وَلَاهَمًّاإِلَّافَرَّجْتَهُ،وَلَاحَاجَةًهِيَلَكَرِضًاإِلَّاقَضَيْتَهَايَاأَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya: " Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang."

3 dari 6 halaman

4. Menyampaikan Hajat atau Keinginan

Setelah membaca serangkaian bacaan dan doa sholat hajat di atas, Sahabat Dream bisa menyampaikan segala hajat yang diinginkan menggunakan bahasa kita sendiri. Pada hakikatnya doa yang terbaik adalah doa yang kita mengerti maknanya.

4 dari 6 halaman

Dzikir Setelah Sholat Hajat

Selain doa setelah sholat hajat, Sahabat Dream juga bisa menambahkan dzikir seperti yang dibaca oleh Rasulullah Saw. Dzikir terlebih dahulu. Lebih bagus lagi jika selesai mengucapkan salam dilanjutkan dengan bersujud untuk merendahkan diri di hadapan Allah Swt.

Saat melakukan sujud ini kita membaca Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali.

Setelah itu kita membaca Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad sebanyak 10 kali.

Dan yang terakhir membaca doa:

Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar.

Artinya:

“ Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Doa yang sering dipanjatkan Rasulullah Saw tersebut dibaca sebanyak 10 kali.

5 dari 6 halaman

Keutamaan Sholat Hajat

Dianjurkannya sholat hajat tentu ada alasan tertentu, di mana keutamaan yang bisa didapatkan oleh umat Islam yang menjalankan ibadah sunah tersebut. Dengan mengetahui keutamaan dari sholat hajat, maka sahabat Dream bisa lebih termotivasi untuk menjalankannya. Nah, berikut adalah beberapa keutamaan sholat hajat seperti dikutip dari umma.id:

Pasrah dengan Ketentuan Allah SWT

Keutamaan sholat hajat yang pertama adalah pasrah dengan ketentuan Allah SWT. Mengingat bahwa segala sesuatu hanya Allah SWT lah yang berhak untuk memutuskan apa yang akan terjadi. Meskipun di mata manusia baik, namun belum tentu di mata Allah SWT juga begitu. Tetapi segala sesuatu yang diputuskan Allah SWT sudah pasti yang terbaik untuk hamba-Nya.

Selain itu, meski sahabat Dream sudah menjalankan sholat hajat dan tidak segera dikabulkan Allah SWT, maka jangan menyerah dan berprasangka buruk kepada Allah SWT. Teruslah berdoa dan memasrahkan segalanya hanya kepada Allah SWT semata.

Ikhlas Menerima Keputusan Allah SWT

Segala sesuatu yang telah diputuskan Allah SWT, sebagai makhluk hendaknya menerima dengan ikhlas keputusan tersebut. Jika doa yang sahabat Dream segera dikabulkan, maka syukurilah dan anggap itu sebagai ujian bagi diri sendiri akan bisa menahan diri dari kesombongan.

Begitu juga saat Allah SWT menurunkan ujian kepada kita, maka terimalah dengan sabar dan ikhlas. Karena segala ujian yang diberikan Allah SWT tidak akan melebihi dari batas kemampuan umat-Nya.

Bisa Mengendalikan Semua Kebutuhan

Wajar jika sebagai manusia ada banyak sekali keinginan yang hendak dicapai. Bahkan dikatakan juga bahwa musuh terbesar manusia adalah nafsu diri sendiri. Meski begitu, kita juga diperintahkan untuk bisa mengendalikan diri. Dengan melaksanakan sholat hajat, maka di sinilah kita bisa bersyukur dengan segala sesuatu yang dimiliki.

Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Meskipun sholat hajat bukanlah sholat sunah, namun sholat ini sangatlah istimewa. Bukan hal yang mudah mengajak diri ini untuk bergerak, mengambil air wudhu, dan menjalankan sholat sunah hajat. Namun, begitu nikmatnya sholat ini karena menjadi media di mana kita bisa curhat kepada Allah SWT tentang apa yang kita alami dalam kehidupan ini.

Keinginan Cepat Dikabulkan

Keutamaan yang terakhir adalah keinginan sahabat Dream yang cepat dikabulkan Allah SWT. Ya, mengingat bahwa segala sesuatu yang kita inginkan, sekecil apapun itu, hendaknya hanya kepada Allah SWT tempat kita meminta. Dalam ibadah ini, sahabat Dream menjalankan sholat dua rakaat dan dilanjutkan dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk menyampaikan apa yang kamu inginkan.

6 dari 6 halaman

Waktu Menjalankan Sholat Hajat

Setelah mengetahui apa saja keutamaan menjalankan sholat hajat, sahabat Dream juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengerjakannya. Karena dengan waktu yang tepat inilah, maka ibadah sunah yang sahabat Dream lakukan lebih mustajab, apalagi saat memanjatkan doa dan memohon keinginan kepada Allah SWT

Dalam melaksanakan sholat hajat hendaknya dilakukan sebanyak 2 sampai 12 rakaat. Setiap 2 rakaatnya harus disertai dengan salam. Sahabat Dream mengerjakan sholat hajat ini kapan saja, kecuali pada waktu yang memang dilarang untuk menjalankan sholat. Waktu-waktu yang dilarang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Selepas sholat subuh sampai matahari terbit.
  • Selepas waktu ashar sampai matahari terbenam.

Kemudian waktu yang paling baik untuk mengerjakan sholat hajat adalah pada malam hari, terutama pada sepertiga terakhir malam.

Beri Komentar