Tuntunan Puasa Sebelum Idul Adha, Pengertian, Bacaan Niat dan Keutamaan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 25 Mei 2022 13:01
Tuntunan Puasa Sebelum Idul Adha, Pengertian, Bacaan Niat dan Keutamaan
Mengerjakan puasa sebelum Idul Adha akan menjadi ladang pahala bagi umat Muslim.

Dream – Puasa sebelum Idul Adha dilaksanakan untuk menyambut Hari Raya Kurban yang mulia. Mengerjakan puasa sebelum Idul Adha akan menjadi ladang pahala bagi umat Muslim. Puasa sembilan hari sebelum Hari Raya Idul Adha juga disebut sebagai amalan sunnah yang utama.

Di antara puasa sebelum Idul Adha adalah puasa Arafah dan Tarwiyah. Anjuran puasa sebelum Idul Adha ini disampaikan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Daud:

" Rasulullah Saw biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis." (HR. Abu Daud)

Nah, dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang puasa sebelum Idul Adha mulai dari pengertian, waktu pelaksanaan, bacaan niat dan keutamaannya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah identik dengan hari raya Kurban dan ibadah haji. Selain kedua hal tersebut, bulan Dzulhijjah juga menyimpan banyak keutamaan dan amalan sunnah yang bernilai ibadah.

Memasuki sepuluh hari pertama di bulan ini, umat Islam disarankan memperbanyak ibadah mulai dari dzikir, sedekah, membaca al-Quran, dan puasa.

Puasa sebelum Idul Adha dimulai sejak tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah. Puasa sunnah ini juga termasuk puasa Arafah dan Tarwiyah. Rasulullah Saw bersabda:

“ Tidak ada hari dimana amal shalih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya.”  

Hadis di atas menegaskan anjuran memperbanyak amal shalih pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Ibnu Hajar dalam Kitab Fath al-Barri menjelaskan, keistimewaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah disebabkan pada hari itu terkumpul ibadah-ibadah utama, yaitu sholat, puasa, sedekah dan haji. Yaitu sesuatu yang tidak ditemukan di bulan-bulan yang lain.

2 dari 6 halaman

Puasa Tarwiyah dan Arafah

Di dalam puasa sebelum Idul Adha, terdapat puasa tarwiyah yaitu puasa yang dilaksanakan pada hari kedelapan pada bulan Dzulhijjah. Sedangkan pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah adalah waktu pelaksanaan puasa arafah, bertepatan dengan para jemaah haji sedang wukuf di Padang Arafah.

Berdasarkan sebuah hadis, keutamaan puasa Tarwiyah di antaranya seperti melakukan puasa selama satu tahun penuh. " Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Sementara itu, menurut hadits yang diriwayatkan Imam Muslim, puasa Arafah memiliki keutamaan yaitu akan menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

" Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)

3 dari 6 halaman

Bacaan Niat Puasa Sebelum Idul Adha

Ilustrasi© Shutterstock.com

Agar Sahabat Dream bisa mendapatkan keutamaannya, maka kamu perlu melaksanakan amalan puasa sebelum Idul Adha tersebut. Agar semakin mantab menjalankannya, diperlukan bacaan niatnya yaitu sebagai berikut:

Niat Puasa Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: " Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

 

Niat Puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: " Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala."

 

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: " Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta'ala."

4 dari 6 halaman

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Seperti telah disinggung sebelumnya, mengerjakan puasa sebelum Idul Adha akan memberikan keutamaan yang luar biasa. Adapun beberapa keutamaannya adalah:

1. Dilipatgandakan Pahala

Ibadah seorang Muslim pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan dilipatgandakan pahalanya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

“ Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi).  

Pahala satu tahun yang dimaksud dalam hadis tersebut adalah pahala setahun puasa sunnah, bukan puasa ramadhan.

5 dari 6 halaman

2. Menghapuskan Segala Dosa

Puasa sebelum Idul Adha merupakan amalan sunnah yang bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang. Sehingga menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah akan menghapus dosa selama dua tahun.

Sebagaimana hadis Rasulullah Saw:

“ Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Menurut jumhur ulama, dosa-dosa yang diampuni karena menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah adalah dosa-dosa kecil.

6 dari 6 halaman

3. Dibebaskan dari Siksa Neraka

Keutamaan puasa sebelum Idul Adha yang selanjutnya yaitu dibebaskan dari siksa neraka. Seperti hadis Rasulullah Saw:

" Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim)

Itulah pengertian dan keutamaan puasa sebelum Idul Adha yang penting untuk diketahui. Dengan berbagai keutamaan dan pahala yang didapatkan, menjadi pengingat kepada setiap Muslim untuk menjalankan puasa sebelum Idul Adha tersebut.

Beri Komentar