Cerita Penjahat Terkaya Dunia, Habiskan Rp6 Miliar dalam Sepekan!

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 15 November 2021 08:36
Cerita Penjahat Terkaya Dunia, Habiskan Rp6 Miliar dalam Sepekan!
Ia seorang mafia kelas wahid yang terkenal seantero dunia.

Dream - Pablo Escobar yang dijuluki 'Raja Kokain' menjadi penjahat terkaya di dunia.

Pada tahun 1980-an sampai 1990-an, kartel narkobanya memonopoli perdagangan kokain di Amerika Serikat. Kartelnya memegang 80% pasar kokain di seluruh dunia.

Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas mengenai jumlah uang yang dimilikinya. Namun, menurut Business Insider, total kekayaan Escobar diperkirakan lebih dari US$30 miliar.

Karena hartanya itu, Forbes memasukannya ke dalam daftar sepuluh orang terkaya di dunia.

Escobar memulai kegiatan kriminal pada masa remajanya. Ia pernah menjual ijazah palsu, memalsukan rapor dan mencuri batu nisan untuk dijual kembali. Kemudian, ia melanjutkan aksinya dengan mencuri mobil, yang menyebabkan dirinya ditangkap untuk pertama kali pada tahun 1974.

Namun, hal itu tidak menghentikannya. Escobar terlibat dalam 'Perang Marlboro', di mana ia membuat namanya terkenal di pasar rokok selundupan Kolombia. Pengalaman ini membantunya menjadi penyelundup narkoba yang berpengalaman.

1 dari 3 halaman

Terjadi penyelundupan

Pada pertengahan 1970-an, ia mengelola sebuah organisasi kejahatan yang akhirnya menjadi kartel Medellín.

Dioperasikan dari tahun 1972 hingga 1993, kartel ini menjadi organisasi kriminal tipe teroris yang sangat kuat di Medellín, Kolombia.

Mereka memulai sebagai jaringan penyelundup, yang akhirnya beralih ke perdagangan kokain di Bolivia, Kolombia, Peru, Amerika Tengah, Bahama, Amerika Serikat, dan Kanada.

Kartel Medellín menyelundupkan berton-ton kokain yang menghasilkan US$420 seminggu. Jadi hanya dalam waktu seminggu, Escobar dapat menghasilkan uang sekitar Rp5,9 miliar.

Kartel ini menyelundupkan lebih dari lima belas ton kokain setiap harinya, melampaui kopi yang dianggap nomor satu di ekspor Kolombia.

Namun, kartel Medellín dikenal menggunakan kekerasan untuk tujuan politik dan melakukan perang asimetris melawan pemerintah Kolombia. Mereka melakukan pengeboman, pembunuhan, dan penculikan.

2 dari 3 halaman

Kartel Madellin bikin Escobar kaya

Tidak ada informasi yang jelas tentang berapa banyak orang yang terbunuh, tetapi beberapa sumber menulis bahwa korbannya mencapai empat ribu jiwa.

Kartel Medellín menghasilkan banyak uang, dan membuat Escobar menjadi sangat kaya. Ia diketahui memiliki pesawat pribadi, rumah mewah, dan bahkan penjara pribadi, La Catedral.

La Catedral dibangun karena pemerintah Kolombia mengizinkannya sebagai imbalan Escobar menyerahkan diri kepada pemerintah pada tahun 1991. Penjara itu memiliki banyak fasilitas, yakni klub malam, air terjun, lapangan sepak bola, dan sauna.

Harta lain yang dimiliki Escobar adalah Hacienda Napoles, yang sekarang telah menjadi tempat wisata.

Hacienda Napoles adalah perkebunan mewah yang memiliki kebun binatang, lapangan tenis, taman patung, lapangan sepak bola, serta tempat koleksi mobil tua dan mewah.

 

3 dari 3 halaman

Setelah kematian Escobar

Selain itu, ia memiliki bandara pribadi, trek balap kart, danau buatan, dan juga arena adu banteng. Saat ini, perkebunan tersebut sudah dikelola oleh pemerintah Kolombia.

Kebun binatang Escobar memiliki dua ratus hewan, di antaranya zebra, unta, gajah, burung unta, jerapah, dan masih banyak lagi.

Setelah kematian Escobar, hewan-hewan itu dipindahkan ke kebun binatang lain, kecuali empat kuda nil yang akhirnya berlipat ganda menjadi empat puluh pada tahun 2016.

Mereka merusak peternakan dan menakuti penduduk setempat. Akhirnya, pihak berwenang Kolombia menemukan solusi dengan mengebiri kuda nil jantan untuk mengontrol populasi mereka.

Sumber: Therichest

Beri Komentar