Ini Dia Sosok Brigadir RR, Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J yang Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 8 Agustus 2022 11:35
Ini Dia Sosok Brigadir RR, Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J yang Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana
Polisi belum menjelaskan secara rinci bagaimana peran Brigadir RR. Sebab itu adalah materi penyidikan, bukan untuk publikasi.

Dream - Brigadir RR, ajudan istri Irjen Pol Ferdy Sambo, ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penembakan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J pada Jumat 8 Juli 2022.

Polisi menyebut telah mengantongi dua bukti yang cukup kuat untuk menetapkannya sebagai tersangka. Namun polisi tidak menjelaskan secara rinci bagaimana peran Brigadir RR. Sebab itu adalah materi penyidikan, bukan untuk publikasi.

Brigadir RR ditersangkakan dengan Pasal 340 KUHP juncto Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

" (Pasal yang disangkakan) 340 Subsider 338 Jo 55 dan 56 KUHP," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dir Tipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian, dikutip Dream dari Merdeka.com, Senin 8 Agutus 2022.

Andi mengungkap, Brigadir RR telah ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Setelah menjadi tersangka, dia menempati rutan mulai Minggu, 7 Agustus 2022. 

" Namanya sudah ditahan, pasti sudah tersangka," tegasnya.

1 dari 6 halaman

Bunyi Pasal yang Menjerat

Pasal 340 KUHP berbunyi:

Barangsiapa dengan sengaja dan dengan direncanakan lebih dahulu menghilangkan jiwa orang lain, dihukum, karena pembunuhan direncanakan (moord), dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lama dua puluh tahun.

Pasal 338 KUHP berbunyi:

Barang siapa dengan sengaja menghilangkan jiwa orang lain, dihukum, karena makar mati, dengan hukuman penjara selama-lamanya lima belas tahun.

Sebelum Brigadir RR ditetapkan menjadi tersangka, penyidik telah mengantongi satu nama tersangka yakni Bharada RE alias Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Dengan pasal yang berbeda, yakni Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Dia mulai ditahan pada Rabu, 3 Agustus 2022.

2 dari 6 halaman

Siapa Brigadir RR?

Brigadir RR mempunyai nama lengkap Ricky Rizal. Sosok ini merupakan orang yang turut berada di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo saat penembakan Brigadir J. Brigadir Ricky Rizal memiliki jabatan yang lebih tinggi dari Bharada E. 

Dia adalah ajudan senior Putri Candrawathi atau istri Irjen Ferdy Ferdy Sambo saat masih menjadi Kadiv Propam.

Status awal dari Brigadir RR adalah saksi, karena saat pemeriksaan dia mengaku tidak melihat kejadian baku tembak. Namun setelah Bharada E ditetapkan sebagai tersangka, dia turut berubah status menjadi tersangka.

 

3 dari 6 halaman

Fakta Baru Keterangan Bharada E, Kuasa Hukum: Ada Beberapa Orang Terlibat

Dream - Kuasa hukum baru Bharada E alias Richard Eliezer, Deolipa Yumara mengungkap fakta baru keterangan dari kliennya.

Menurut Deolipa, penembakan yang dilakukan Bharada E terhadap Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo perintah dari atasnnya. Bharada E juga menyebutkan nama-nama yang terlibat kasus tewasnya Brigadir J.

Namun, untuk kepentingan penyidikan Deolipa tidak menyebutkan nama-namanya. 

" Secara prinsip dia tidak ada motif untuk membunuh. Makannya kita bisa simpulkan adanya perintah," ujar Deolipa Yumara dikutip Dream dari metrotvnews, Minggu 7 Agustus 2022.

" Sudah dikatakan yang bersangkutan (perintah tembak) hanya saja untuk kepentingan penyidikan jadi kita tidak akan buka disini sementara. Biarkan penyidik bekerja mengembangkan semuanya sampai maksimal," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Deolipa mengatakan Bharada E menyebut ada beberapa orang yang terlibat. Namun Deolipa enggan menyebut nama-nama yang terlibat dan menyerahkan ke penyidik untuk menyampaikannya.

" Jawabanya memang ada beberapa orang tapi tidak bisa jawab sekarang yah biar nanti dari pihak penyidik yang akan menyampaikannya," tuturnya.

Selain itu, Deolipa mengatakan Bharada E mengaku tidak tahu dugaan pelecehan seksual. Kliennya hanya mengetahui siapa nama-nama yang terlibat kasus ini.

5 dari 6 halaman

" Untuk pelecehan seksual atau yang lain dia tidak tahu. Tapi untuk yang lain dia tahu bagimana keterlibatannya dan berapa orang yang melakukan dia tahu dan disampaikan ke kami," kata Deolipa.

Deolipa menyebut temuan baru dari kliennya bisa disimpulkan bahwa Bharada E adalah saksi kunci utama penembakan yang menewaskan Brigadir J.

" Jadi temuan yang kita dapat dari cerita yang bersangkutan kita bisa berkesimpulan sebenarnya Bharada E ini adalah salah satu sanksi kunci yang utama. Kepentingannya kita menyelamatkan Bharada E dalam konteks saksi untuk penegakan hukum yang lebih besar dan lebih kuat lagi sehngga bisa menjelaskan pidana ini secara menyeluruh," tuturnya.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More