Intip Baju Adat yang Dikenakan Presiden, Wapres Hingga Para Istri

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 17 Agustus 2022 12:59
Intip Baju Adat yang Dikenakan Presiden, Wapres Hingga Para Istri
Baju yang dikenakan Ibu Negara adalah baju atasan dan bawahan berwarna biru cerah dengan ornamen emas yang menghiasi permukaan baju.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana Joko Widodo, memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu, 17 Agustus 2022.

Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah. Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

Jokowi dan Iriana© Jokowi dan Iriana

Foto: @sekretariat.kabinet

Sementara itu, baju yang dikenakan Ibu Negara adalah baju atasan dan bawahan berwarna biru cerah dengan ornamen emas yang menghiasi permukaan baju. Ibu Negara juga mengenakan syal biru emas dan juga sapu tangan dengan warna senada.

1 dari 2 halaman

Tidak ketinggalan Ibu Negara memakai mahkota emas di kepala dengan ukuran cukup besar.

Baju adat yang dipakai Iriana Joko Widodo.© Instagram @sekretariat.kabinet

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Istrinya, Wury Ma’ruf Amin yang turut mengikuti prosesi upacara bendera memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia juga tampak serasi mengenakan pakaian adat Provinsi Banten.

2 dari 2 halaman

Pakaian adat yang dikenakan terdiri atas Iket Lomar bermotif Tapak Kebo. Lalu baju dalam putih berkerah tinggi dibalut jas hitam bermotif daun Hanjuang emas.

Tak hanya itu Ma'ruf Amin menyempurnakan dengan kain samping bermotif serupa iket, serta celana dan sepatu hitam.

Sementara, Ibu Wury juga tampak anggun mengenakan kebaya putih dipadu kerudung hitam berbalut putih, serta selendang dan bawahan hitam bermotif batik emas.

Baju adat yang dipakai Wapres MA'ruf Amin dan istrinya Wury.© Instagram @kyai_marufamin

 

Beri Komentar