4 Cara Download Video Gratis dari Berbagai Website

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 14 Agustus 2019 18:48
4 Cara Download Video Gratis dari Berbagai Website
Mau tahu cara download video secara gratis dan gampang?

Dream - Apa Sahabat Dream pernah mengalami kesulitan untuk mengunduh atau men-download video yang ada di website tertentu?

Berbeda dengan artikel yang sudah langsung tersedia tanpa perlu mengunduh, informasi berupa video sedikit berbeda. Mungkin kita bisa langsung mengaksesnya dengan streaming, namun kita juga bisa mengakses sebuah video dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

Bedanya, streaming mewajibkan penonton untuk terus terkoneksi dengan internet. Sedangkan dengan mengunduh video, kita tidak perlu untuk terus terkoneksi dengan internet, asalkan video sudah di-download.

Untuk melakukan download video, ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan website online gratis, menggunakan program khusus download, atau bisa juga dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh komputer.

Berikut 4 cara download video secara gratis:

1 dari 4 halaman

Cara Download Video dengan Online Downloader

Cara download video yang pertama ini paling mudah. Tidak hanya mudah, cara ini tidak memerlukan biaya, kecuali koneksi internet. Kita juga tidak perlu meng-install program apapun terlebih dahulu.

 Savefrom

Langkah pertama yang dilakukan untuk mendownload video dengan cara ini ialah, mengopi tautan video yang hendak diunduh. Misalnya saja video dari Youtube atau Dailymotion, copy link video. Setelah itu, buka tab baru pada browser dan masukkan alamat online downloader yang bisa digunakan, seperti:
-    Convert2mp3.net
-    Savefrom.net
-    Clipconverter.cc

Setelah tampilan online downloader terbuka, Anda akan menjumpai kolom kosong yang berisi contoh tautan. Paste tautan video yang sudah dikopi sebelumnya dalam kolom tersebut. Tunggu beberapa saat hingga pilihan video muncul.

 clipconverter

Pastikan video yang di-download benar, dari preview yang ditunjukkan online downloader. Setelah itu, pilih kualitas video yang diinginkan pada kolom di bawahnya. Setelah selesai, klik Download atau Convert, dan tunggu sampai online downloader berproses.

2 dari 4 halaman

Cara Download Video dengan Downloader Pro

Cara download video yang ke dua bisa dilakukan dengan menggunakan program downloader professional. Yaitu dengan melakukan pemasangan program dan mengaplikasikannya ke extension atau add-on pada browser.

Tiga browser yang bisa digunakan untuk mengunduh video, Chrome, Firefox dan Edge. Tiga browser ini memiliki fitur extension untuk Chrome, Add-on untuk Firefox, dan Get Launch untuk Edge. Fitur-fitur ini bisa digunakan untuk menambahkan aplikasi pengunduh video.

Caranya cukup mudah, pertama buka browser yang dimiliki dan buka fitur sesuai dengan jenis browser. Misalnya untuk Edge, klik bagian kanan atas browser dan klik Extensions. Setelah itu akan muncul sub menu, dan pilih Video Downloader Professional. Kemudian klik OFF, dan hidupkan pilihan Video Downloader Professional.

 Extensions

Setelah downloader professional sudah aktif, kita tinggal membukan video yang hendak kita unduh. Di pojok kanan atas, secara otomatis akan muncul ikon download video. Klik ikon tersebut ketika video yang ingin kita unduh mulai berjalan. Lalu, akan muncul kotak kolom untuk menamai file video, lalu klik Save.

3 dari 4 halaman

Cara Download Video dengan Fitur Screen Recording dari Windows

 Ilustrasi

Kalau kedua cara download video di atas sulit untuk dilakukan, masih ada acara download video gratis lainnya yang bisa Sahabat Dream coba. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur dari komputer. Bagi komputer berbasis Windows bisa menggunakan fitur Screen Recording.

Keuntungan cara download video ini sangat menarik, sama seperti fitur screen capture pada ponsel, fitur ini bisa mendownload video yang dilindungi. Caranya mudah, pertama, download dan instal terlebih dahulu Open Broadcast Software (OBS) Studio. Selesai mendownload, lakukan penginstalan hingga selesai.

Setelah selesai terpasang, buka aplikasi OBS melalui jendela program windows. Kemudian lakukan pengaturan hasil unduhan yang diinginkan, mulai dari kualitas gambar hingga audio yang diinginkan. Setelah selesai, kembali ke jendela video yang hendak diunduh.

Putar video, dan klik tombol Alt dan 8 pada keyboard secara bersamaan untuk melakukan mengunduhan. Secara teknis, prinsip screen recording ini hampir sama dengan screen capture di ponsel, yaitu kita mengambil gambar dari layar yang sedang aktif.

4 dari 4 halaman

Cara Download Video dengan Fitur Screen Recording dari Mac

 Ilustrasi

Cara download video yang terakhir sama dengan cara download video sebelumnya. Bedanya cara ini hanya bisa diterapkan untuk komputer dengan basis Apple Mac. Caranya sangat mudah, pertama buka jendela video yang hendak diunduh.

Kemudian, pilih menu QuickTime Player di menu program. Fitur ini adalah salah satu fitur bawaan dari Apple Inc, sehingga pengguna Mac tak perlu untuk melakukan pemasangan aplikasi atau program lain lagi.

Setelah klik QuickTime, maka akan muncul kotak pilihan, dan klik New Screen Recording. Dan, akan muncul kotak kecil hitam berisi tombol rekam. Putar video yang hendak diunduh dan klik tombol mulai merekam pada kotak hitam QuickTime.

Sumber: Wiki How

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir